Sukses

[Review] Hisense Pureshot+, Android Octa-core Berkamera Gahar

Hisense Pureshot Plus (Pureshot+, smartphone 'perdana' besutan Hisense dengan fitur unggulan kamera. Bagaimana dengan performanya?

Liputan6.com, Jakarta - Ketika mendengar nama Hisense, mungkin tidak sedikit pengguna smartphone di Indonesia yang merasa asing. Hal ini wajar karena pabrikan asal Tiongkok ini pada awal kehadirannya tidak mengusung nama sendiri, melainkan melebur dengan jejeran seri Andromax dari Smartfren. 

Namun berbeda dengan smartphone sebelumnya, kali ini Hisense menghadirkan smartphone terbaru tanpa mengusung nama Andromax. Kendati demikian, smartphone 'perdana' Hisense yang diberi nama Pureshot Plus (Pureshot+) ini disertakan pula kartu perdana Smartfren. 

Sesuai namanya, smartphone ini hadir dengan fitur unggulan di kameranya. Lalu, bagaimana dengan performanya? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Kelengkapan Hisense Pureshot Plus (liputan6.com/Iskandar)

Kelengkapan Hisense Pureshot+

Smartphone
Kabel Data
Pengisi Daya
Adaptor Mini SIM
Earphone
Buku Manual Petunjuk Penggunaan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Desain dan Antarmuka Pengguna

Hadir sebagai smartphone dengan kasta tertinggi dari Hisense, Pureshot+ memiliki desain yang bisa dibilang elegan. Meskipun tidak mengusung desain unibody, Pureshot+ memiliki bodi solid. Terlebih, sisi samping smartphone ini dilapisi dengan material berbahan metal yang memberikan kesan kokoh.

Sisi kiri smartphone ini bersih dari tombol-tombol, sementara bagian kanan diisi dengan tombol power dan volume. Untuk sisi atas, Hisense Pureshot+ hanya diisi dengan jack audio. Sementara, soket micro SD dan speaker diletakkan di sisi bawah smartphone.

Tampilan segala sisi Hisense Pureshot Plus (liputan6.com/Iskandar)

Pureshot+ tidak menggunakan tombol navigasi virtual, sehingga tombol fisik seperti Home, Back dan serta Recent Apps diletakkan tepat di bawah layar.

Dilengkapi layar 5,5 inci dengan resolusi 1.280 x 720 piksel dan tingkat ketajaman 268 piksel per inci, gambar yang ditampilkan terlihat jernih dan cukup detail. Untuk proteksi, layar Pureshot+  sudah dilengkapi Gorilla Glass 2,5D.

Menjalankan sistem operasi Android 5.0.2 Lollipop, Pureshot+  menggunakan tampilan antarmuka Android yang sudah dimodifikasi. Mengusung nama Vision UI, tampilan antarmuka Pureshot+  tidak lagi menyediakan app drawer, seluruh aplikasi dimunculkan di halaman depan.

User Interface Hisense Pureshot Plus (liputan6.com/Agustinus Mario Damar)

Salah satu yang menarik dari antarmuka pengguna Pureshot+ adalah Hisense menyediakan tampilan sederhana. Memiliki tampilan kotak-kotak khas Windows Phone, yang mana memudahkan pengguna untuk mengakses aplikasi.

User Interface Mode Simpe Hisense Pureshot Plus

3 dari 7 halaman

Performa dan Konektivitas

Dari sisi performa, Hisense sudah membekali Pureshot Plus dengan chipset Qualcomm Snapdragon 615 octa-core dan didukung RAM 2GB. Hasil pengujian menggunakan AnTuTu Benchmark, Pureshot+ mendapatkan skor di kisaran 30 ribuan.

Hasil pengukuran menggunakan AnTuTu Benchmark

Pun demikian, pengalaman menggunakan Pureshot+ dapat dikatakan cukup mulus. Transisi antar layar termasuk penggunaan multitasking bisa dilakukan dengan cepat dan mulus.

Tim Tekno liputan6.com juga menguji kemampuan kinerja smartphone ini dengan bermain beberapa game berat, seperti Modern Combat 5: Blackout dan Need for Speed: No Limits. Hasilnya, Pureshot Plus dapat menjalankan kedua game tersebut dengan lancar tanpa lag.

Untuk baterai, Pureshot+ sudah dibekali baterai berkapasitas 2.500 mAh. Dalam penggunaan normal sehari-hari seperti chatting, mengakses media sosial, atau bermain game sesekali, Pureshot dapat bertahan hingga 8 sampai 9 jam.

Akan tetapi, jika digunakan secara cukup aktif (non-stop) untuk bermain game, menonton video atau menjelajah internet, Pureshot+ hanya mampu bertahan kurang lebih 5 sampai 6 jam. 

Kelengkapan sensor dan kemampuan multi-touch

4 dari 7 halaman

Kamera

Dibekali dengan kamera belakang 13 megapiksel (MP) dan dual flash, Pureshot+ mampu menghasilkan tangkapan gambar yang detail.

Selain mampu menghasilkan foto berkualitas, kamera Pureshot+ juga sudah dilengkapi beberapa mode pengambilan gambar serta efek yang dapat langsung digunakan. Sayangnya, kamera Pureshot Plus tidak memiliki mode manual.

Sementara gambar yang dihasilkan dari tangkapan kamera depan Pureshot+ yang beresolusi 5MP juga memuaskan. Terlebih kamera depannya juga sudah dilengkapi dengan lampu flash. Di sisi perekaman video, Pureshot+ sanggung merekam gambar bergerak berkualitas HD sampai 1080p.

Berikut kami sertakan beberapa contoh gambar hasil tangkapan kamera Pureshot+: 

Hasil foto luar ruangan Hisense Pureshot Plus

Hasil foto dalam ruangan Hisense Pureshot Plus

Hasil foto objek Hisense Pureshot Plus

Hasil foto malam hari Hisense Pureshot Plus

5 dari 7 halaman

Konektivitas

Konektivitas

Fitur lain yang jadi unggulan Pureshot+ ada di sisi konektivitas. Sebab, smartphone ini sudah mendukung jaringan 4G LTE dari semua jaringan operator seluler.

Hal ini dimungkinkan sebab kedua slot kartu SIM-nya mendukung jaringan 1.900 MHz, 1.800 MHz, 850 MHz, 900 MHz, dan 2.300 MHz. Sebagai alternatif untuk mengakses internet, Pureshot+ juga sudah menggunakan Wi-Fi 802.11/B/G/N.

Untuk urusan sensor, Pureshot+ hadir dengan kelengkapan sensor yang lengkap. Menggunakan aplikasi Sensor Box for Android, Pureshot+ diketahui memiliki hampir seluruh sensor yang jadi indikator, termasuk sensor gyroscope.

6 dari 7 halaman

Kesimpulan

Dengan harga Rp 3.199.000, Pureshot+ dapat dikatakan menyuguhkan performa yang menjanjikan. Mulai dari kegiatan berkomunikasi, menjelajah internet, sampai bermain game dengan spesifikasi berat. Terlebih smartphone ini sudah mendukung jaringan 4G LTE dari seluruh operator di Indonesia.

Kamera yang disematkan di Pureshot+ juga mampu menghasilkan gambar yang memuaskan. Meskipun tidak dilengkapi dengan pengaturan manual ketika mengambil gambar, hadirnya beberapa pilihan mode untuk mengambil gambar dapat menjadi alternatif.

Akan tetapi, dengan kapasitas 2.500 mAh, baterai Pureshot+ masih dirasa kurang besar untuk mendukung kebutuhan pengguna yang cukup aktif. Jadi, penggunaan powerbank dapat jadi alternatif untuk hal ini. 

7 dari 7 halaman

Spesifikasi Lengkap Pureshot+

Spesifikasi Lengkap Hisense Pureshot+

Layar

Ukuran: 5.5
Resolusi: 720x1280 pixels

Prosesor dan RAM
Octa Core 1.3GHz CortexTM-A7
RAM 2GB

Kapasitas Penyimpanan
Memori Internal 16 GB
Memori Eksternal (MicroSD) sampai 128 GB

Kamera
Kamera Belakang: 13-megapixel dengan LED Flash
Kamera Depan: 5-megapixel dengan LED Flash

Sistem Operasi
Android Lollipop 5.0.2 dengan Vision UI

Konektifitas
Wi-Fi
GPS
Bluetooth 4.0
Headphones 3.5mm
Micro USB 2.0

Jaringan
Dual SIM
SIM 1: 4G LTE / GSM & CDMA
SIM 2 : 4G LTE / GSM & CDMA

Kapasitas Baterai
2.500 mAH

(dam/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini