Sukses

New Balance Rancang Sepatu dari Printer 3D

New Balance berinovasi dengan merancang sepatu lari pertamanya yang dibuat menggunakan printer 3D, hasil kolaborasi bersama 3D Systems.

Liputan6.com, Jakarta - Alat cetak tiga dimensi (3D) yang sebelumnya hanya digunakan untuk membuat prototipe, dari hari ke hari kegunaannya semakin meluas. Mulai dari dimanfaatkan untuk membuat suku cadang mesin, keperluan kedokteran, makanan hingga mainan seks sekalipun.

Kini penyedia sepatu olahraga keanamaan New Balance berinovasi dengan merancang sepatu lari pertamanya yang dibuat menggunakan printer 3D, hasil kolaborasi bersama 3D Systems.

Sepatu ini terbuat dari DuraForm Flex TPU besutan New Balance yang diklaim berhasil mencapai keseimbangan yang optimal dari fleksibilitas, kekuatan, berat, dan daya tahan. Demikian seperti dikutip dari laman Ubergizmo, Sabtu (21/11/2015).

"Untuk memberikan tingkat kinerja dengan komponen 3D, sepatu diuji coba oleh para ahli dan biomekanik dengan para engineer dalam industri plastik, pengembangan material, dan desain generatif. Ini adalah jenis kolaborasi yang akan mendorong desain alas kaki dan manufaktur di masa depan," kata Sean Murphy, New Balance Senior Manager of Innovation and Engineering.

New Balance diharapkan memamerkan sepatu 3D buatannya tersebut di perhelatan CES 2016 pada Januari mendatang, dan dijual pada April 2016 di Boston, disusul sejumlah toko New Balance lainnya di seluruh dunia.

Sebelumnya, Adidas juga melakukan inovasi serupa untuk mencetak sol dalam sepatu yang sesuai dengan bentuk telapak kaki penggunanya. Sepatu yang diberi label Futurecraft 3D ini didesain khusus untuk mengutamakan kenyamanan.


(isk/cas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini