Sukses

Asyik, Game PS2 segera Bisa Dimainkan di PS4

Mungkinkah Permainan PS2 dimainkan di PS4? Pertanyaan ini baru saja dikonfirmasi oleh Sony.

Liputan6.com, Jakarta - Sony dikabarkan tengah menggarap proyek untuk menghadirkan permainan PlayStation 2 ke PlayStation 4. Demikian yang diungkapkan oleh Sony, sebagaimana dikutip dari Wired, Minggu (22/11/2015).

"Kami sedang bekerja pada teknologi emulasi PS2 untuk membawa permainan PS2 ke depan ke generasi sekarang," kata seorang perwakilan Sony, kepada Wired melalui e-mail.

Kabar menunjukkan seolah-olah permainan PS2 pertama menggunakan perangkat lunak emulasi ini agar bisa berjalan di PS4 yang sudah keluar.

Satu bundel permainan saat ini tersedia di ritel, yang mencakup konsol PS4 dan permainan Star Wars: Battlefront, juga termasuk bonus permainan klasik pilihan yaitu Super Star Wars, Star Wars: Revenge Racer, Star Wars: Jedi Starfighter, dan Star Wars: Bounty Hunter.

Tiga permainan terakhir, menurut Foundry Digital, seperti dilansir Eurogamer, bukan hanya soket dari kode lama untuk PS4. Sebaliknya, ada sejumlah tanda yang menunjukkan bahwa ketiganya berjalan pada perangkat lunak emulasi.

Emulator meniru lingkungan dari lingkungan komputasi tertentu, dalam hal ini lingkungan PlayStation 2 konsol. Hal ini memungkinkan permainan PS2 untuk berjalan di PS4, seolah-olah permainan tersebut ada di mesin asli mereka (PS2), tetapi dalam beberapa kasus, permainan itu hadir dalam resolusi yang lebih tinggi.

PS4 merupakan satu-satunya konsol Sony yang dirilis tanpa beberapa bentuk kompatibilitas ke versi sebelumnya, dan laporan menunjukkan bahwa perusahaan telah mengejar solusi PS2 untuk PS4, setidaknya sejak beberapa waktu tahun lalu.

Adapun PS2 adalah salah satu dari platform permainan besutan Sony yang paling populer dan memiliki ribuan permainan yang dirilis di seluruh dunia, termasuk banyak permainan klasik antara lain seperti God of War, Gran Turismo 3, dan Final Fantasy X.

Jika Sony bisa memungkinkan permainan ini berjalan pada emulator di PS4, maka Sony dapat menjualnya kembali dan meningkatkan library PS4 mereka secara signifikan.

(why/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.