Sukses

Keluarga Android One Juga Cicipi Pembaruan Marshmallow 6.0.1

Liputan6.com, California - Sistem operasi terbaru Android -- Marshmallow (6.0) memang sudah hadir di lini perangkat Nexus dan beberapa smartphone Android lainnya, termasuk jajaran smartphone budget hasil kerjasama Google dengan beberapa vendor lokal -- Android One.

Tak lama setelah beberapa minggu Marshmallow hadir, kini Google secara resmi mengumumkan pembaruan Marshmallow 6.0.1. Android One pun lagi-lagi kebagian mendapatkan pembaruan tersebut. Google memang memprioritaskan jajaran perangkat Nexus dan Android One jika menghadirkan pembaruan di sistem operasinya.

Smartphone Android One pertama yang akan kebagian pembaruan 6.0.1 ini adalah Cherry Mobile G1, smartphone besutan vendor asal Filipina.

Hal tersebut tak menutup kemungkinan bahwa pembaruan itu juga akan menyambangi beberapa smartphone Android One besutan vendor Indonesia seperti Evercoss dan Nexian, serta smartphone besutan Infinix yang baru masuk ke pasar Indonesia belakangan ini, Infinix Hot 2.

Menurut informasi yang dilansir Android Authority pada Senin (23/11/2015), pembaruan ini hanya bersifat minor, yang mana hanya menghadirkan perbaikan bug. Namun, pembaruan ini tak ada kaitannya dengan pembaruan keamanan yang dirilis Google setiap bulan.

Hal tersebut disebabkan karena pembaruan keamanan versi terbaru untuk bulan November dirilis baru-baru ini untuk jajaran perangkat Nexus dan Android One.

Sementara, untuk pembaruan besar-besarannya -- Marshmallow 6.1, akan dirilis pada tahun 2016. Hal tersebut dibocorkan di Twitter oleh seorang developer HTC ROM dengan nama akun @LlabToofFeR.

(jek/cas)