Sukses

Misteri Penampakan Wajah Sang `Dewa` di Planet Mars

Uniknya, foto tersebut diabadikan pada 2010 silam (Doc: Daily Mail)

Liputan6.com, California - Penampakan aneh kembali terkuak di Planet Mars. Kali ini, wujud bebatuan yang menyerupai wajah dewa kuno tertangkap kamera Opportunity, robot rover versi B milik NASA yang ditugaskan untuk menjelajahi permukaan si Planet Merah itu.

Uniknya, foto tersebut diabadikan pada 2010 silam. Pada saat itu, para ilmuwan memang belum menemukan `kehebohan` terkait tanda kehidupan seperti ditemukannya kandungan air di Mars pada 2015 ini.

Menurut keterangan yang dilansir Daily Mail, Rabu (25/11/2015), foto tersebut memperlihatkan struktur bebatuan mirip dengan wajah Dewa Kuno -- Dewa Assyrian, yang sering diasosiasikan dengan dewa kebijaksanaan di mitologi Timur Tengah. Foto tersebut diambil di area kawah Conception Mars.

Faces in the the rock: Nasa has packed their schedule with navigating the rover to an area of sand dunes, as tall as a two-story building and as wide as a football field, with the hopes of learning more about the planet's environment

Meski banyak yang menganggap foto tersebut hanyalah sekumpulan batu biasa, tak sedikit yang berpendapat bahwa foto itu merupakan sebuah replika wajah Dewa.

Bahkan, beberapa pengamat ilmu ekstra terestrial dari UFO Sightings Daily menduga bahwa struktur batu tersebut adalah replika wajah dewa Babilonia kuno.

Scott C Waring, salah satu pakar UFO Sightings Daily sempat menelaah struktur bebatuan itu dan tak membantah bahwa foto tersebut memang merupakan replika dewa. Ia juga meluruskan bahwa dari semua struktur batu Mars yang dinilai aneh, memiliki makna masing-masing.

"Saya telah menemukan wajah-wajah Mars dari sisi ke sisi. Beberapa di antaranya seakan-akan ada yang melihat ke arah kita dan yang lain menengok ke kiri. Wajah yang menengok ke arah kita memiliki banyak kesamaan dengan wajah dewa kuno Mesopotamia,"

"Semua itu (struktur bebatuan dengan pola aneh) sudah ada sejak lama sekali di dalam tata surya kita. Tepat di sebelah planet kita (Bumi). Struktur tersebut merupakan representasi bagaimana mereka (wajah Dewa) lahir, hidup, dan meninggal. Mereka tidak perlu Anda percaya atau tidak," lanjutnya.

Meski begitu, NASA tak tertarik untuk menanggapi spekulasi ini. Menurut salah seorang ilmuwan NASA, Guy Webster, bebatuan tersebut hanyalah batu alam biasa yang yang membentuk struktur `terkoyak` di kawah-kawah kecil Mars.

(jek/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini