Sukses

Google Rancang Robot Anjing Pintar untuk Angkatan Laut

Robot yang bernama Spot ini konon dibuat untuk membantu aktivitas marinir atau Angkatan Laut di Amerika Serikat.

Liputan6.com, California - Kiat Google dalam menghadirkan inovasi terbaru perangkat pintar demi memudahkan kehidupan manusia sehari-hari bisa dibilang sangat getol.

Jika sebelumnya Google sempat menciptakan mobil pintar, kini perusahaan berbasis di California tersebut kembali menghadirkan robot yang menyerupai anjing.

Bersama dengan Boston Dynamics, anak perusahaannya, Google menciptakan robot dengan empat kaki bernama `Spot`, yang bisa berjalan tanpa mengeluarkan suara bising. Spot konon dibuat untuk membantu aktivitas marinir atau Angkatan Laut di Amerika Serikat (AS).

Menurut informasi yang dilansir Engadget pada Selasa (24/11/2015), Spot memiliki berat 160 pounds (sekitar 72 kg). Saat ini, pihak marinir AS tengah menguji kemampuan robot tersebut dengan menjalankannya di medan kasar yang terbuat dari lantai beton, lalu mengujinya di perbukitan, hutan hingga jalanan aspal perkotaan.

Spot dapat dikontrol dari jarak 500 meter dengan laptop dan kontroler konsol game. Meski memiliki kaki empat, robot ini sangat mudah untuk dikendalikan dan diandalkan untuk misi pengintaian musuh.

Google telah mengakuisisi Boston Dynamics pada Desember 2013. Boston Dynamics sendiri adalah perusahaan yang bergerak di bidang perancangan dan pengembangan perangkat robotik.

Didirikan pada 1992 oleh Marc Raibert, mantan profesor di Massachusetts Institute of Technology, perusahaan ini seringkali menciptakan robot-robot yang dapat membantu militer di medan perang.

Robot-robot besutan Boston Dynamics dikenal dapat berjalan dan berlari kencang. Bahkan, mereka memiliki kemampuan canggih dengan penguasaan bergerak di medan permukaan kasar atau menanjak.

(jek/isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini