Sukses

Versi Terbaru Opera Max Hadirkan Kompresi Data Hingga 50%

Ada lima aplikasi streaming musik yang kompatibel dengan teknologi kompresi data 50 persen di Opera Max.

Liputan6.com, Oslo - Bagi pengguna aplikasi peramban mobile Opera Max, ada kabar baik untuk Anda. Pasalnya, versi terbaru Opera Max kini menghadirkan kompresi data untuk aplikasi musik, seperti Youtube Music, Pandora, Slacker, Gaana, dan Saavn. 

Dalam keterangan rilis kepada Tekno Liputan6.com, Senin (23/11/2015), pembaruan ini lebih ditujukkan bagi pengguna internet yang gemar menikmati musik streaming, namun dengan konsumen data yang lebih hemat. 

Opera sendiri mengklaim bahwa aplikasi Opera Max menjadi aplikasi pertama di dunia yang mampu mengoptimalkan aplikasi streaming musik dan video dengan kompresi data hingga 50 persen.

"Kami menambahkan fitur kompresi audio untuk beberapa aplikasi musik sehingga pengguna dapat menikmati streaming tanpa harus mencari jaringan Wi-Fi. Hal ini berguna bagi mereka yang memiliki kuota data yang terbatas," ujar Sergey Lossev, Manajer Produk di Opera. 

Di sisi lain, teknologi kompresi data diprediksi dapat mendongkrak layanan streaming. Apalagi, layanan streaming meningkat pesat sejalan dengan pertumbuhan pengguna smartphone, terutama di negara-negara berkembang.

Menurut laporan dari Next Big Sound, 1 triliun musik streaming dimainkan dalam enam bulan terakhir selama tahun 2015. Artinya, rata-rata ada 140 streaming musik yang dimainkan setiap orang di dunia.

Namun, mendengarkan lagu dari aplikasi streaming musik atau radio online selama 9 jam akan menghabiskan data hingga 1 GB. Hal ini tentu sangat merugikan pengguna yang menggunakan internet mobile.

Lossev melanjutkan, "Pandora, Slacker Radio, Gaana, Saavn, dan Youtube Music adalah lima aplikasi pertama yang telah lolos uji kualitas kami, tetapi kami akan terus mendukung lebih banyak aplikasi music streaming."

Sebagai tambahan, Opera Max juga membantu pengguna untuk memantau kuota data yang sudah digunakan setiap hari ataupun setiap bulan, serta memberikan mereka kendali yang lebih baik terhadap penggunaan data. 

Opera Max tersedia bagi pengguna Android seri 4.0 ke atas dan dapat diunduh secara gratis melalui Google Play.

(cas/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini