Sukses

Indahnya Penampakan Wajah `Cheshire Cat` yang Ditangkap NASA

Jika dipantau dari jauh, pola ini memang mirip dengan wajah sang kucing nakal yang sempat hadir di kisah Alice.

Liputan6.com, California - NASA kembali menangkap gambar terbaru dari kumpulan galaksi yang menunjukkan sebuah formasi unik di luar angkasa.

Baca Juga

Formasi indah yang dipenuhi cahaya berwarna ungu tersebut seolah menunjukkan wajah kucing Cheshire Cat yang muncul di film Alice in Wonderland.

Menurut keterangan yang dilansir Mashable, Kamis (26/11/2015), foto ini baru saja diambil Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut dari kamera teleskopnya yang bernama Chandra.

The latest results from the

Dari foto yang terlihat, tampak dua cahaya besar yang seakan membentuk pola mata, dengan satu titik cahaya kecil yang membentuk pola hidung, serta torehan cahaya yang berada di bawah ketiga cahaya besar tersebut, yang mengisyaratkan sebuah mulut. Pola ini, jika dipantau dari jauh, memang mirip dengan wajah sang kucing nakal yang sempat hadir di kisah Alice.

Terlepas dari mirip tidaknya, NASA menjelaskan bahwa wajah Cheshire Cat tersebut hanyalah perspektif semata. Diungkap, kumpulan galaksi bercahaya tersebut merupakan beberapa galaksi yang akan bertabrakan dalam kurun waktu 1 miliar tahun lagi.

Selain itu, kumpulan galaksi ini juga dianggap sejalan dengan teori relativitas yang dicetuskan Einstein.

"Einstein berpendapat, sebuah senyawa akan melebur ke dalam ruang hampa udara, sehingga menyebabkan cahaya berpendar lebih luas seperti lengkungan, dan membentuk objek-objek secara acak. Cahaya inilah yang masih diteliti oleh para astronom untuk mengobservasi objek tersebut lewat sebuah metode yang disebut `gravitational lensing`,"

"Pendaran cahaya tersebut terjadi karena senyawa masif dari planet, black hole, serta galaksi bisa melebur begitu saja di ruang hampa udara," tutur juru bicara NASA yang tidak disebutkan namanya.

Cheshire Cat galaxy group in x-rays via Chandra.

Untuk kasus penampakan galaksi `Cheshire Cat` ini, NASA menjelaskan bahwa pijaran cahaya ungu tersebut mampu ditangkap kamera teleskop Chandra dengan menggunakan metode gravitational lensing.



"Kami bisa hitung setidaknya terdapat empat galaksi yang memendarkan cahayanya di foto tersebut. Dengan metode gravitational lensing, keempat galaksi itu secara kebetulan bisa membentuk formasi wajah," tutupnya.

(jek/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.