Sukses

Bosan di Pesawat? Yuk, Buka 4 Aplikasi Offline Gratis Ini

Anda dapat menggunakan 4 aplikasi offline gratis berikut ini tanpa harus terkoneksi internet saat berada di dalam pesawat.

Liputan6.com, Jakarta - Bepergian dengan pesawat terbang terkadang bisa mengasyikkan, namun juga menjemukan. Apalagi, penerbangannya memakan waktu lebih dari 1 jam.

Sebagian besar pasti gemar mengotak-atik ponselnya untuk membunuh waktu. Sayangnya, layanan seluler wajib dinonaktifkan selama perjalanan, yang mana berarti Anda tak bisa 'berseluncur' di dunia maya.

Sebetulnya, beberapa maskapai telah menghadirkan layanan Wi-Fi di dalam pesawat. Tapi, biayanya masih sangat mahal. 

Sebagaimana tim Tekno Liputan6.com himpun dari Road Warrior Voices, Kamis (26/11/2015), berikut ini 4 aplikasi gratis yang dapat diakses tanpa koneksi internet (offline) dan dapat menemani Anda untuk penerbangan selanjutnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pocket dan Kindle

1. Pocket  (iOS & Android)

Anda dapat menandai (bookmark) berbagai artikel yang tak sempat Anda baca sebelumnya. Tak hanya artikel, Anda bahkan menyimpan video di aplikasi ini. Tapi, pastikan Anda telah menyetel preferensi untuk mengunduhnya ketika terkoneksi Wi-Fi

Pocket screenshot. (Doc: Road Warrior Voices)

2. Kindle (iOS & Android)

Hampir semua orang sudah tak asing lagi dengan Kindle. Ini dapat menjadi opsi tepat bagi mereka yang tak ingin membeli Kindle dalam bentuk tablet.

Lewat aplikasi Kindle, pengguna dapat membeli buku di toko Amazon dengan harga diskon dan mengunduhnya dengan koneksi internet. Bahkan ada pula buku dijual dengan harga murah dan gratis sekalipun. 

3 dari 3 halaman

Spotify dan Duolingo

3. Spotify (iOS & Android)

Anda dapat mengatur ratusan hingga ribuan lagu yang Anda simpan di aplikasi ini --  tentunya pada mode offline. Namun, Anda baru bisa memakai fitur ini apabila Anda memiliki akun premium. Fitur ini dapat digunakan secara cuma-cuma untuk masa percobaan selama 30 hari (berikutnya menjadi US$ 9,99 per bulan). 

Spotify screenshot. (Doc: Road Warrior Voices)

4. Duolingo (iOS & Android)

Daripada menghabiskan waktu percuma di udara, sebaiknya waktu Anda dihabiskan untuk mempelajari bahasa -- atau setidaknya kata-kata dasar -- dari negara tujuan destinasi Anda. Aplikasi Duolingo memungkinkan Anda untuk dapat mengatur tantangan bahasa seperti mengikuti kuis.

(cas/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini