Sukses

Keren, Tato Ini Bisa Lacak Kesehatan Penggunanya

Dikembangkan oleh Chaotic Moon Studios, tato ini disebut mampu mengukur detak jantung sampai temperatur tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika mendengar kata wearable device, tidak sedikit orang akan berpikir mengenai perangkat teknologi yang digunakan di anggota tubuh. Namun, bagamana jika wearable device tersebut bukanlah sebuah perangkat melainkan sebuah tato.

Seperti yang sedang dikembangkan oleh perusahan Chaotic Moon Studios. Perusahaan tersebut diketahui sedang mengembangkan sebuah tato berteknologi tinggi. Tato tersebut dibentuk dari kombinasi sensor dan cat konduktif.

Nantinya, tato tersebut dapat berfungsi layaknya sebuah wearable device untuk mengetahui kondisi kesehatan pengguna. Beberapa fungsi yang dapat dilakukan tato biometric ini, seperti mengukur detak jantung sampai temperatur tubuh. Bahkan, tato ini disebut dapat digunakan untuk melacak posisi penggunanya.

Baca Juga

"Teknologi ini akan melampaui yang sudah dilakukan pelacak kebugaran saat ini," ujar Eric Schneider, Creative Technologist untuk Chaotic Moon, seperti dikutip dari laman Tech Crunch, Kamis (26/11/2015).

Schneider juga menambahkan teknologi ini diletakkan langsung di tubuh pengguna sehingga dapat memonitor secara langsung kondisi pengguna. Dan, apabila ada sesuatu yang hal tidak sesuai data akan langsung dikirim ke dokter pengguna.

Selain untuk fungsi kesehatan, tato ini disebut juga berpotensi untuk digunakan di bidang lain. Salah satunya adalah untuk pengaplikasian di bidang militer.

Untuk sekarang, teknologi tato ini memang masih dalam bentuk purwarupa dan pengembangan. Namun, Ben Lamm, CEO Chaotic Moon, menuturkan tidak tertutup kemungkinkan bagi pihak ketiga yang tertarik untuk merilis teknologi ini ke pasaran.

(dam/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini