Sukses

Inilah Iklan Pertama di Internet

Iklan pop-up, pop-under, iklan pencarian, dan adware, semuanya merupakan tren terbaru.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda berpikir bahwa iklan internet pertama adalah 'banner', maka Anda keliru. Banner merupakan fenomena yang relatif baru di dunia online.

Kemudian iklan pop-up, pop-under, iklan pencarian, dan adware, semuanya merupakan tren terbaru. Faktanya, sejak internet hadir di dunia, bentuk utama dari iklan pertama di internet adalah e-mail.

Sebetulnya, sangat sulit untuk mengetahui secara akurat, apakah iklan pertama di internet, tapi sampel pertama yang dipublikasikan adalah sebuah email yang dikirimkan pada 1978 oleh Digital Equipment Corporation sekarang sudah tidak berfungsi, untuk pengguna ARPANET di pantai barat Amerika.

Iklan email ini begitu tua, dan bahkan melampaui internet seperti yang kita kenal sekarang. Berikut tampilannya.



Dan jika Anda perhatikan, iklan email tahun 1978 yang tampak agak seperti spam tersebut adalah undangan untuk menyaksikan model merek baru dari komputer Dec-20. Sebagai perbandingan, iklan banner online yang tercatat hadir pada tahun 1994 berkat Wired.com.

Apakah Anda ingat pengalaman pertama dengan iklan secara online? 

(why/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.