Sukses

Komputer 'Mini' Ini Dibanderol Rp 68 Ribu Saja

Meskipun tidak dilengkapi dengan layar, keyboard, dan mouse, Raspberry Zero Pi ini mampu menjalankan fungsi komputer seutuhnya.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan asal Inggris Raspberry Pi Foundation dikabarkan baru saja merilis sebuah komputer mini dengan harga super murah.

Namun, jangan bayangkan sebuah komputer yang lengkap dengan keyboard, mouse, maupun layar. Sebab, komputer yang dijual Raspberry Pi hanya inti dari sebuah komputer.

Mengutip informasi dari laman PC World, Jumat (27/11/2015), inti komputer yang dimaksud adalah sebuah papan sirkuit berukuran 65 x 30 milimeter dengan kelengkapan sebuah komputer.

Sebab, sirkuit yang diberi nama Raspberry Pi Zero ini telah disematkan komponen khas komputer, seperti prosesor, memori RAM, slot kartu microSD, slot mini-HDMI, dan dua slot microUSB. Satu slot untuk data dan satu slot lagi untuk daya.

Baca Juga:

Dengan komponen tersebut, Raspberry Pi Zero dapat bekerja layaknya sebuah komputer. Tak hanya itu, selain kelengkapan yang cukup lengkap sebagai sebuah komputer, Raspberry Pi Zero juga dibanderol dengan harga super murah, yaitu US$ 5 atau sekitar Rp 68 ribu.

Bahkan, saking murahnya Raspberry Pi Zero masuk jadi bonus majalah MagPi edisi Desember tahun ini. Hal ini berbeda dengan kebanyakan majalah komputer lain yang hanya memberi bonus berupa CD berisi aplikasi komputer.

Sekadar informasi, Raspberry Pi Foundation adalah sebuah perusahaan yang mengembangkan komputer mini yang dapat dicolokkan ke TV dan keyboard. Komputer mini tersebut dipastikan dapat berfungsi layaknya sebuah desktop PC, mulai dari bekerja, sampai menonton video HD.

Bagi yang tertarik dengan komputer ini berikut adalah spesifikasi Raspberry Pi Zero:

Prosesor BCM2835 clock up to 1GHz
RAM 512MB 
soket micro-SD
soket mini-HDMI
soket micro-USB untuk data
soket micro-USB untuk daya
konektor 40-pin GPIO

(dam/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.