Sukses

Saking Cantiknya, Robot Jepang Ini Sampai Jadi Bintang Film

Geminoid F memiliki tekstur wajah wanita Jepang berambut hitam. Banyak yang menilai robot ini cantik karena parasnya begitu nyata.

Liputan6.com, Beijing - Bicara soal robot, Jepang dinilai menjadi salah satu negara pembuat perangkat robotik yang handal. Mereka terkenal piawai dalam mengembangkan robot humanoid, atau lebih sering disebut robot manusia.

Kenyataannya, robot humanoid memang belum bisa tampil dengan utuh oleh beberapa perusahaan pembuat robot di Negeri Sakura itu. Meski didesain menyerupai fisik manusia, mereka belum mampu menemukan material yang sesuai agar sang robot tampil persis layaknya manusia asli.

Robot engineer Hiroshi Ishiguro (left), US actress Bryerly Long (2nd right) and Japanese actor Nijiro Murakami (right) help android actress Geminoid F wave to the audience before the premiere of new movie 'Sayonara'

Nah, jika Anda melihat robot yang satu ini, dijamin pasti Anda bakal terperangah. Pasalnya, robot humanoid ini diklaim benar-benar memiliki fisik yang nyaris mirip dengan manusia. Mulai dari kulit, tekstur wajah, badan, hingga rambut!

An eerily life-like robot has been turning heads at the World Robot Exhibition in Beijing this week. Named Android Geminoid F, the robot has a legion of fans, with some even describing her as 'sexy'

Diperkenalkan di World Robot Exhibition Beijing pada pekan ini, robot humanoid yang memiliki nama Geminoid F ini dipamerkan pertama kali oleh pembuatnya, tim pengembang robot Hiroshi Ishiguro Laboratory di Osaka University.

Menurut informasi yang dilaporkan Mirror pada Sabtu (28/11/2015), Geminoid F memang didesain menyerupai manusia. Bahkan, jika orang menyentuh kulit robot cantik ini, sensasi yang dirasakan begitu nyata layaknya menyentuh kulit seorang manusia.

Geminoid F memiliki tekstur wajah wanita Jepang berambut hitam. Banyak yang menilai robot ini cantik karena parasnya begitu nyata seperti wajah wanita Jepang pada umumnya.

Robot ini diungkap pernah muncul di sebuah film Jepang yang berjudul Sayonara. Hal itu menjadikan Geminoid F sebagai robot humanoid pertama yang muncul di film Jepang untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Geminoid F Belum Rampung

Fukada said working with the android was easier than directing people, although he said had to watch not to break the robot as its repairs would come with a 10 million yen ($83,000 or £55,000) bill 

Meski lihai berbicara dan mampu berakting, rupanya pengembangan robot ini belum sepenuhnya rampung. Kohei Ogawa, asisten profesor di Hiroshi Ishiguro laboratory, mengungkapkan bahwa Geminoid F masih harus banyak dibenahi.

"Tujuan akhir kita adalah memoles Geminoid F dengan pengembangan artificial intelligence (AI)."

Saat ini robot tersebut masih memiliki beberapa glitch. "Kebanyakan (glitch) berasal dari kemampuan rekognisi suara yang masih belum bisa berfungsi dengan baik. Tapi kami yakin, di masa depan Geminoid F akan menjadi robot cerdas dengan bantuan AI yang begitu sempurna," tutup Ogawa.

(jek/cas)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini