Sukses

Bukan Pizza, Ini Produk Pertama yang Terjual di Online

Sebelumnya Pizza Hut mengklaim bahwa pizza yang menjadi produk pertama yang dibeli secara online pada 1994.

Liputan6.com, Jakarta - e-Commerce kini semakin diminati di dunia, hingga Indonesia. Jutaan barang terjual setiap menitnya di online. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya barang atau produk apa yang terjual pertama kali di online? 

Untuk mengetahui hal itu, Anda harus mengikuti sejarah di balik e-Commerce. Seperti dikutip dari The Next Web, Jumat (27/11/2015), ada beberapa fakta tentang transaksi online yang merebak.

Pertama, Pizza Hut pernah mengklaim bahwa seloyang pizza dengan jamur dan ekstra keju adalah produk pertama yang terjual online pada 1994. Sayangnya, penjualan online pertama kali bukanlah pizza. 

Kedua, transaksi jual beli mariyuana yang dibeli mahasiswa di Stanford kepada mahasiswa di MIT melalui sebuah program bernama Arpanet pada 1971-1972. Program itu memang dikembangkan agar mahasiswa dapat saling terhubung untuk berbagi informasi perkuliahan. 

Lagi-lagi, klaim ini terbantahkan. Transaksi jual beli mariyuana ini tak bisa disebut sebagai transaksi online karena transaksi itu terjadi hanya melalui pesan instan dan tak ada transaksi pembayaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kisah ketiga

Kisah ketiga bisa saja Anda percayai sebagai produk pertama yang terjual di online. Adalah Jane Snowball, wanita asal Inggris berusia 72 tahun, yang menggunakan Video Tex -- sebuah televisi yang terkoneksi line telepon dengan toko swalayan -- untuk memesan margarin, telur, dan sereal jagung pada 1984. 

Bukan juga. Apa yang dilakukan Snowball tak masuk dalam kategori. Tentu saja karena saat itu teknologi yang digunakan bukanlah teknologi mainstream, dan saat itu Snowball membayar dengan uang tunai.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Ternyata bukan pizza, mariyuana, atau bahan-bahan yang dibeli Snowball, melainkan Compact Disc (CD) Sting!

Ya, transaksi pembelian ini terjadi di Net Market, sebuah perusahaan rintisan (startup) e-Commerce milik Dan Kohn, tepatnya pada 11 Agustus 1994.

Baca Juga

Transaksi online dilakukan secara aman ketika Kohn melihat temannya berhasil membeli CD Sting dengan menggunakan kartu kredit. Saat itu, Kohn dan ketiga pendiri Net Market lainnya tak sadar bagaimana jadinya industri e-commerce di masa depan. Tapi, setidaknya sebuah 'perjalanan' pasti dimulai dengan sebuah langkah kecil.

Untuk mengetahuinya lebih dalam, Anda dapat menengok video berjudul "Proceed to Checkout: The Unexpected Story of How Ecommerce Started" ini yang berisi kilas balik mengenai industri e-Commerce. 



(cas/isk)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini