Sukses

Pengguna Facebook dan Twitter di Asia Tenggara Akan Lampaui AS

Negara-negara di Asia Tenggara secara kolektif untuk pertama kalinya akan melampaui Amerika Serikat dalam hal pengguna Facebook dan Twitter.

Liputan6.com, Jakarta - Melihat Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam, perusahaan riset eMarketer menyimpulkan bahwa pada 2016, negara-negara tersebut secara kolektif untuk pertama kalinya akan melampaui Amerika Serikat dalam hal pengguna Facebook dan Twitter. Kemudian angka tersebut akan makin bertambah di tahun-tahun mendatang.

Jumlah Pengguna Facebook dan Twitter

Tentu saja, untuk saat ini secara kolektif pun populasi negara-negara di Asia Tenggara ini jauh lebih banyak daripada poplasi AS. Populasi Asia Tenggara pada 2014 mencapai 547,4 juta orang, sedangkan populasi AS hanya 318,9 juta orang.

Dengan demikian, secara kasat mata, seharusnya tidak akan terlalu sulit bagi Asia Tenggara untuk menyalip AS dalam hal pengguna Facebook dan Twitter.

Populasi negara-negara Asia Tenggara dan AS

Sayangnya, penetrasi internet rata-rata di Asia Tenggara masih lebih rendah. Di Indonesia, misalnya, hanya sekitar sepertiga dari penduduk yang memiliki akses terhadap internet.

Di antara mereka di wilayah yang memiliki akses terhadap internet, penetrasi media sosial terbilang tinggi, terutama Facebook.

Yang mencengangkan, sejumlah pengguna Indonesia yang menggandrungi Facebook tidak menyadari bahwa mereka, ketika mengakses Facebook, sedang berada di internet. Artinya, jejaring sosial itu hadir di mana-mana.

Di masing-masing negara Asia Tenggara itu, lanjut eMarketer, penetrasi Facebook lebih tinggi di kalangan pengguna internet daripada di Amerika Serikat, dan akan terus begitu di tahun-tahun mendatang. Demikian dikutip dari Quartz, Minggu (29/11/2015).

(why/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.