Sukses

Antarmuka Sering Bermasalah, Google Turun Tangan Bantu Samsung

Google ingin memastikan bahwa tampilan antarmuka TouchWiz milik Samsung bisa bekerja dengan sempurna

Liputan6.com, Seoul - Samsung menjadi satu dari beberapa merek favorit pengguna smartphone Android hingga saat ini. Sayangnya, performa tampilan antarmuka pengguna (user interface/UI) milik vendor asal Negeri Ginseng tersebut dinilai masih kurang memuaskan.

Padahal, sudah banyak perangkat smartphone besutan Samsung yang sukses laris di pasaran, seperti seri flagship-nya yang baru saja dirilis pada tahun ini, Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge.

Seperti diketahui, tampilan antarmuka Samsung — TouchWiz — banyak dikeluhkan sebagian besar penggunanya karena seringkali nge-lag ketika digunakan oleh beberapa aplikasi secara bersamaan. Bahkan, masalah menjengkelkan itu masih ditemui di jajaran smartphone premium-nya, seperti Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge+.

Kabarnya, hal tersebut diakibatkan masalah manajemen RAM perangkat Samsung yang sampai saat ini tengah dicoba untuk diperbaiki. Padahal, smartphone seperti Galaxy S6 Edge+ dan Galaxy Note 5 sudah memiliki kapasitas yang sangat besar, yakni RAM 4GB. Sayangnya, masalah tersebut belum juga tuntas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Menurut informasi yang dilansir Sam Mobile, Senin (30/11/2015), masalah itu terdengar sampai ke telinga Google. Bahkan, perusahaan pembesut sistem operasi Android tersebut akan ikut turun tangan mencoba mencari tahu penyebab masalah yang tak kunjung selesai itu.

Pihak Google menjelaskan, mereka ingin memastikan bahwa tampilan antarmuka TouchWiz milik Samsung bisa bekerja dengan sempurna dan sepadan dengan `kemewahan` spesifikasi yang ditawarkan perangkat smartphone-nya.

Google sepertinya juga tak ingin TouchWiz banyak dikeluhkan pengguna, karena jika itu terus-menerus terjadi, maka akan berpengaruh ke citra merek sistem operasi Android. Apalagi saat ini pandangan orang-orang melihat Samsung adalah smartphone Android yang paling `mutlak`.

Jika ditilik ke belakang, ini bukan pertama kalinya Google turun tangan untuk menyelesaikan masalah yang dialami Samsung.

Buktinya, sekitar 2 tahun lalu, perusahaan yang juga baru saja menelurkan seri Nexus-nya tersebut sempat mengkritik tampilan antarmuka Magazine yang ditampilkan Samsung di Galaxy Tab Pro.

(jek/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini