Sukses

RAM 128GB Besutan Samsung Siap Dobrak Pasar

Samsung dikabarkan tengah memproduksi secara massal modul memori dengan kapasitas terbesar dan efisiensi energi tertinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung telah mengungkap bahwa pihaknya tengah memproduksi modul memori secara massal dengan kapasitas terbesar dan efisiensi energi tertinggi dari semua modul DRAM yang ada saat ini.

Modul ini terutama ditujukan untuk server perusahaan dan aplikasi pusat data. Namun, perusahaan asal Korea Selatan tersebut diharapkan akan menggarap produk konsumen yang berbasis pada teknologi kelak.

DDR4 sebesar 128GB baru itu telah diproduksi dengan pemanfaatan silikon melalui teknik interkoneksi. Sebagai perbandingan dengan teknik tradisional, dengan teknik ini, chip terhubung ke ratusan lubang kecil berukuran mikrometer yang memungkinkan sambungan listrik vertikal melewati chip.

Teknik ini bukanlah teknik yang benar-benar baru, tetapi lebih canggih, dan memungkinkan terjadinya dorongan transmisi sinyal yang signifikan.

Adapun unit ini terdiri dari 36 paket DRAM sebesar 4GB yang dibagi pada dua sisi, dengan masing-masing paket berisi empat chip 20nm sebesar 8GB. Secara keseluruhan, itu terdiri dari 144 DDR4 chip. Setiap paket dilengkapi fungsi buffer data, dan menurut Samsung ini mengoptimalkan kinerja modul dan konsumsi daya.

Performa perangkat kerasnya hampir dua kali lipat lebih baik pada 2.400 Mbps dan membagi dua penggunaan daya dibandingkan dengan modul DRAM berkapasitas tertinggi sebelumnya, 64GB LRDIMMS. Demikian dikutip dari Digital Trends, Senin (30/11/2015).

(why/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini