Sukses

Cortana Versi Beta Akhirnya Sambangi iOS

Kendati masih dalam tahap beta, Cortana untuk iOS sudah hadir dengan fitur-fitur utama

Liputan6.com, Jakarta - Asisten virtual besutan Microsoft, Cortana, akhirnya menyambangi platform iOS. Kendati masih dalam bentuk beta, Cortana untuk iOS ini sudah dilengkapi dengan fitur utamanya.

Seperti dikutip dari laman Tech Crunch, Senin (30/11/2015), fitur yang dipastikan hadir di Cortana untuk iOS, di antaranya adalah asistensi berbasis suara. Melalui Cortana, pengguna dapat dibantu untuk mengatur jadwal, pengingat, serta alarm. Tak hanya itu, pengguna juga dapat melacak jadwal penerbangan, kiriman, saham, skor pertandingan, dan hal lainnya.

Sebenarnya, rencana Microsoft merilis Cortana versi iOS sudah diketahui sejak awal bulan ini. Ketika itu, Microsoft melakukan survei terhadap beberapa pengguna iOS yang tertarik mencoba Cortana di perangkatnya. Survei ini mencakup pertanyaan mengenai pengguna yang juga menggunakan PC Windows 10.

Baca Juga

Hal ini disebut sebagai langkah Microsoft untuk melakukan uji coba Cortana di perangkat antar platform. Sebagai contoh, pengguna PC Windows 10 dapat membuat pengingat jadwal melalui komputer mereka. Lalu, nantinya melalui Cortana versi iOS lah, pengguna akan diberi tahu diingatkan tentang jadwal yang sudah dibuat sebelumnya

Cortana versi beta untuk iOS ini hanya akan tersedia untuk pengguna iOS di Amerika Serikat dan Tiongkok. Namun, survei yang dilakukan sebelumnya hanya ditujukan untuk penguji potensial di wilayah Amerika Serikat.

Sebelum iOS, Microsoft juga sudah merilis Cortana versi beta untuk platform Android di bulan Agustus. Meskipun masih dalam tahap beta, Cortana untuk Android diketahui memiliki fitur unik, yaitu mampu menggantikan fungsi Google Now.

Google Now sendiri diketahui merupakan asisten virtual besutan Android. Lewat fitur ini, Microsoft dikabarkan ingin menarik pengguna Android untuk menggunakan Cortana lebih sering.

(dam/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini