Sukses

Telkomsel Resmi Boyong Layanan 4G ke Balikpapan

Balikpapan menjadi kota pertama di Kalimantan yang memiliki layanan 4G Telkomsel.

Liputan6.com, Balikpapan - PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) resmi meluncurkan layanan 4G di Balikpapan, Kalimantan Timur pada Sabtu (28/11/2015) lalu. Perlu diketahui, Balikpapan menjadi kota pertama di Kalimantan yang terpapar layanan 4G Telkomsel.

"Balikpapan menjadi salah satu kota utama di Kalimantan," kata Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah dalam Press Conference Launching 4G di Balikpapan. 

Ia mengatakan Balikpapan menjadi kota maju berkat industri pengolahan minyak dan gas yang menjadi roda penggerak perekonomian. Selain itu, Balikpapan juga termasuk kota di Indonesia yang mengalami pertumbuhan tinggi pada jumlah pengguna handset 4G. 

Saat ini terdapat 27 ribu pelanggan Telkomsel yang telah menggunakan handset 4G seiring peningkatan konsumsi data hingga 120 persen dibandingkan periode sebelumnya. Adapun jumlah pelanggan data saat ini sebanyak 40 persen terhadap total 1,2 juta pelanggan Telkomsel Balikpapan.

Untuk mendukung layanan 4G, Telkomsel membangun 65 unit BTS 4G yang diharapkan mampu menjangkau 100 persen wilayah Balikpapan. Layanan 4G Telkomsel beroperasi di frekuensi 1.800 MHz, dengan menggunakan pita sebesar 10 MHz dengan kecepatan rata-rata 75 Mbps.

Sementara, Direktur Sales Telkomsel, Mas’ud Khamid menambahkan Balikpapan menjadi kota ke 11 di Indonesia yang memanfaatkan teknologi 4G setelah Jakarta, Bali, Bandung, Medan, Surabaya, Makassar, Lombok, Menado, Batam, dan Yogyakarta.

Kedepannya ada sejumlah kota lain yang akan memanfaatkan teknologi 4G, antara lain Banjarmasin, Pekanbaru, Samarinda, dan Malang. "Kami menjamin kualitas layanan 4G ini sesuai standar Telkomsel," paparnya.

Dengan beroperasinya layanan 4G di 11 kota di Indonesia, ia menargetkan minimal 8 juta pelanggan Telkomsel yang bermigrasi dari layanan 2G/3G ke layanan 4G. Layanan teknologi 3G Telkomsel juga sudah mendekati ambang batas kuota maksimal dari total keseluruhan pelanggan.

(abelda/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini