Sukses

WhatsApp Blokir Tautan ke Telegram

Belum diketahui alasan di balik pemblokiran ini, akan tetapi pemblokiran ini tidak dialami oleh semua perangkat.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi pesan instan WhatsApp baru-baru ini diketahui telah memblokir tautan yang mengarah ke aplikasi Telegram. Tautan Telegram.me yang dikirimkan ke WhatsApp hanya muncul sebagai pesan dan tidak terdaftar sebagai hyperlink.

Bahkan, tautan itu diketahui juga tidak dapat di-copy ke aplikasi lain. Mengutip informasi dari laman The Verge, Selasa (1/12/2015), pemblokiran ini memang tidak dirasakan oleh semua perangkat.

Akan tetapi, konsisten di satu perangkat, sehingga pemblokiran dilakukan baik untuk username serta tautan sebagai pesan individual atau chat rooms.

Telegram sendiri diketahui sudah mengonfirmasi hal ini. Dan, dikabarkan aplikasi besutan Rusia itu sudah mulai merilis beberapa update untuk mengatasi hal ini.

Baca Juga

Namun, update ini disebut belum merata di semua perangkat yang menggunakan WhatsApp. Hal ini yang diperkirakan jadi penyebab pemblokiran ini tidak hadir di semua perangkat sekaligus.

Usaha pemblokiran tautan memang dikenal lumrah di Facebook, sebagai pemilik WhatsApp. Sebelumnya, di tahun 2010, Facebook mendapat kritikan karena memblokir tautan Pirate Bay di sistem chatting-nya dan di laman News Feed.

Kendati demikian, Telegram sendiri diketahui tidak terlalu khawatir dengan pemblokiran. Sebab, sampai saat ini juga belum diketahui pemblokiran ini disengaja atau ketidaksengajaan. Facebook dan WhatsApp sendiri disebut masih enggan berkomentar tentang masalah ini.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.