Sukses

Mudahnya Bikin Aplikasi dengan Microsoft PowerApps

Microsoft meluncurkan PowerApps, sebuah solusi pengembangan aplikasi untuk membantu orang yang tidak memiliki pengetahuan coding.

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft telah meluncurkan PowerApps, sebuah solusi pengembangan aplikasi yang diarahkan untuk membantu orang yang tidak memiliki pengetahuan coding dalam mengembangkan aplikasi.

Dirancang untuk pasar bisnis, Microsoft PowerApps membantu banyak perusahaan menghadirkan aplikasi yang mereka kembangkan untuk Android, iOS, dan Windows dengan penggunaan sederhana seperti halnya Microsoft Office Suite.

Ini membuat pengembangan dan distribusi aplikasi menjadi lebih cepat karena dilengkapi dengan sejumlah peralatan khusus, template dan desainer visual untuk menyusun alur kerja secara sistematis.

"Sementara banyak perusahaan makin beralih ke solusi SaaS untuk skenario tertentu seperti CRM dan HR, dengan menggunakan layanan seperti Microsoft Dynamics, Concur atau Workday, kebanyakan skenario aplikasi bisnis masih tetap jalan di tempat, tergantung pada PC perusahaan yang terhubung," kata Bill Staples, wakil presiden platform aplikasi Microsoft Azure, dalam sebuah posting di blog, sebagaimana dikutip dari Tech Times, Selasa (1/12/2015).

Awal bulan ini, Staples mengatakan Microsoft yakin bahwa sementara pekerjanya saat ini jauh lebih bersifat mobile dari sebelumnya, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan dengan bantuan desktop.

PowerApps akan memungkinkan siapa pun untuk menggunakan koneksi built-in miliknya, atau yang dikembangkan oleh perusahaannya, untuk menghubungkan PowerApps ke layanan awan, termasuk Office 365, One Drive dan Dropbox serta sistem lokal, seperti Oracle database, SQL server, dan banyak lagi.

Perlu dicatat bahwa layanan tersebut dalam tahap beta saat ini dan Microsoft belum merilis rincian harganya.

Sementara itu, Microsoft bukan satu-satunya perusahaan yang berfokus pada layanan jenis ini. AppGyver sebelumnya memperkenalkan solusi Composer 2 yang juga menjanjikan kemudahan bagi siapa saja untuk membuat aplikasi mobile sederhana.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.