Sukses

Opera Max, Aplikasi Penghemat Kuota Internet Smartphone

Selain menghemat pemakaian data internet dan aplikasi, Opera Max juga dapat mengehemat penggunaan baterai di smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Banyak pengguna smartphone merasa kuota data yang didaftarkannya selalu kurang. Maka, salah satu cara untuk mengatasinya adalah terhubung dengan Wi-Fi. Akan tetapi, jaringan Wi-Fi tidak selalu hadir di semua tempat.

Untuk memberikan solusi atas hal tersebut, Opera, baru-baru ini merilis aplikasi baru non-browser pertamanya. Aplikasi ini disebut dapat membantu menghemat kuota internet pengguna smartphone.

"Selain sebagai aplikasi pengompresi data, Opera Max juga dapat digunakan untuk mengatur penggunaan aplikasi. Jadi dapat dikatakan Opera Max adalah aplikasi all in one solution untuk pengguna smartphone," ujar Ivollex Hodiny, Growth Director untuk Asia, Opera Software, saat acara Media Briefing Opera Max di Jakarta, Selasa (1/12/2015).

Baca Juga

Hodiny juga menuturkan, dengan kemampuan Opera Max mengatur penggunaan aplikasi, maka pengguna smartphone juga dapat lebih menghemat penggunaan baterai. Sebab, meraka dapat mengatur penggunaan aplikasi yang berjalan di background.

Sebagai aplikasi pengompresi data, Hodiny juga sempat menjelaskan cara kerja aplikasi ini. Ia menuturkan bahwa kompresi data dilakukan melalui server Opera.

"Lewat teknologi Rocket Optimizer dari Opera, nantinya data masuk ke server terlebih dahulu baru di-repackage," tandas Hodiny

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Opera juga menjamin keamanan aplikasi ini. Arjun Bhatt, Director of Partner Marketing Opera menjelaskan, data pengguna dipastikan tidak akan dapat diakses oleh pihak ketiga. Hal ini dimungkinan karena data disimpan secara anonim.

"Opera juga memastikan bahwa data tidak akan dibagi ke pihak ketiga," tegas pria asal India ini.

Disinggung mengenai kemungkinan adanya kritik dari operator seluler terkait kompresi data. Opera mengungkapkan bahwa dengan adanya kompresi data, tidak berarti mengurangi penggunaan data. Malahan, menurut Hodiny pengguna akan semakin sering mengonsumsi data.

"Ketika menggunakan Opera Max, pengguna akan merasakan pengalaman yang lebih baik ketika mengakses internet dan aplikasi. Oleh karena itu, secara tidak langsung akses internet pun akan semakin sering dilakukan," pungkas Hodiny.

Opera Max sendiri saat ini sudah dapat diunduh oleh pengguna Android lewat Google Play Store. Sementara untuk pengguna platform iOS, Opera Max akan disiapkan di tahun depan.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.