Sukses

Bantu UKM, XL Hadirkan `DigiBiz`

Operator seluler XL turut berpartisipasi dalam rangka mendukung pengembangan UKM melalui layanan solusi bisnis “DigiBiz”.

Liputan6.com, Jakarta - Eksistensi dan kontribusi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) telah diakui sebagai salah satu penopang perekonomian negara. Karenanya, PT XL Axiata Tbk (XL) turut berpartisipasi dalam rangka mendukung pengembangan UKM melalui sebuah layanan khusus, yaitu solusi bisnis “DigiBiz”.

Menurut keterangan yang Tekno Liputan6.com terima, Presiden Direktur XL, Dian Siswarini meresmikan layanan digital platform tersebut di Jakarta, Rabu (2/12/2015). Turut hadir Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara, Deputi Bidang PJU Kementerian Koperasi dan UKM, Emilia Suhaimi, serta Presiden Komunitas Tangan Di Atas (TDA), Mustofa Romdloni.

Direktur Digital Service XL, Ongki Kurniawan mengatakan, “DigiBiz merupakan platform solusi digital guna mendukung para pelaku UKM untuk memulai dan mengembangkan bisnisnya. Dengan kompetensi kami di bidang TIK, kami ingin berperan aktif mendorong UKM untuk bisa lebih memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan produktivitasnya."

Solusi dari XL ini, lanjut Ongki, sangat mudah diterapkan. Dikatakannya, hanya dengan ponsel, DigiBiz sudah bisa dijalankan. Karena itu, pihaknya berharap hingga akhir tahun depan setidaknya 20 ribu UKM sudah memanfaatkan DigiBiz.

Lebih lanjut, Ongki berujar bahwa dalam 3 tahun ke depan XL menanamkan investasi kurang lebih Rp 500 miliar untuk mengembangkan solusi bagi kalangan UKM. Dalam pengembangannya, XL juga menggandeng kalangan perbankan dan lembaga jasa keuangan, serta komunitas UKM di berbagai daerah untuk menyiapkan solusi digital finansial bagi UKM.

Menurutnya, kemudahan akses terhadap kalangan perbankan memang menjadi kebutuhan pelaku UKM. Sementara itu, dalam merangkul kalangan UKM, XL menjalin sama dengan komunitas Tangan di Atas (TDA), yang beranggotakan tidak kurang dari 10 ribu pelaku UKM di berbagai daerah di Indonesia.

Presiden TDA Mustofa Romdloni menyampaikan bahwa melalui kegiatan Pesta Wirausaha, yang merupakan langkah nyata dari komitmen Komunitas TDA untuk meningkatkan potensi para wirausahawan terutama UKM untuk tumbuh dan menjadi pemimpin pasar di daerahnya masing-masing, TDA selalu berusaha menjembatani kebutuhan UKM di Indonesia.

Dengan tema besar di Pesta Wirausaha 2015 “Let’s Grow Together”, ujar Mustofa Romdloni menambahkan, dunia wirausaha diharapkan dapat tumbuh bersama dalam beragam industri, produk dan inovasi, sehingga saling melengkapi atau kolaborasi merupakan hal utama untuk menghadapi persaingan global di era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN).

Kebutuhan teknologi digital di kalangan UKM menjadi sangat penting dan berguna untuk peningkatan penjualan dan kualitas pelayanan bisnis. Dari sini, XL memahaminya dengan menghadirkan DigiBiz yang user friendly.

Secara umum DigiBiz menawarkan tiga hal. Pertama, Product Solution, yakni berbagai solusi produk layanan yang relevan untuk mendukung bisnis UKM. Kedua, Business Solution, yang mana pelanggan akan mendapat manfaat yang bersifat non-telco, antara lain tempat jualan, promosi, pinjaman, dan informasi bisnis.

Dan terakhir, Network atau jejaring, yang memungkinkan pelanggan secara tidak langsung mendapatkan jaringan bisnis dengan cakupan lebih luas. Informasi secara lebih lengkap mengenai DigiBiz tersedia melalui 0877 8600 5555, email: Digibiz@xl.co.id.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.