Sukses

Pencipta Android Bakal Dirikan Perusahaan Smartphone?

Pencipta Android, Andy Rubin, dikabarkan sedang mencari personel untuk mendirikan perusahaan smartphone baru.

Liputan6.com, Jakarta - Andy Rubin yang dikenal sebagai orang di balik lahirnya sistem operasi Android, dikabarkan bersiap kembali ke bisnis smartphone. Informasi ini diperoleh dari laporan The Information, baru-baru ini.

Dari laporan tersebut dikabarkan bahwa Rubin sedang mencoba merekrut personel untuk membangun perusahaan ponsel baru. Kendati demikian, belum diketahui peran Rubin di dalam perusahaan tersebut, sebagai pemimpin langsung atau sekadar pemberi dana.

Mengutip laman The Verge, Kamis (3/12/2015), kemungkinan proyek baru Rubin ini akan didanai lewat Playground Fund, sebuah inkubator startup yang juga dibentuk Rubin. Playground sendiri dikabarkan sudah berhasil mengumpulkan dana US$ 300 juta.

Baca Juga

Sekadar informasi, Rubin merupakan salah satu orang di balik perusahaan Android yang kemudian diakuisisi Google pada Agustus 2005.

Setelah bergabung dengan Google, Rubin kemudian memimpin tim untuk mengembangkan sistem operasi berbasis kernel Linux, yang saat ini dikenal sebagai sistem operasi Android.

Namun pada Maret 2013, Rubin memutuskan mundur dari jabatannya sebagai bos Android di Google.

Lalu pada November 2014, Rubin secara resmi meninggalkan Google setelah mengawasi proses akuisisi salah satu startup robotik oleh Google.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini