Sukses

Ini Pertimbangan di Balik Akuisisi Rumahdijual.com oleh Rumah.com

Dalam salah satu sesi di konferensi pers, Country General Manager Rumah.com memaparkan pertimbangan di balik akuisisi Rumahdijual.com.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika sebuah perusahaan mengambil langkah akuisisi, tentu perusahaan tersebut mempunyai pertimbangan matang. Tak terkecuali bagi Rumah.com yang mengakuisisi Rumahdijual.com.

Bertempat di kawasan Senayan, Jakarta, hari ini (3/12/2015), dalam salah satu sesi di konferensi pers, Country General Manager Rumah.com memaparkan pertimbangan di balik langkah strategis tersebut.

"Orang itu kalau biasanya cari rumah, yang diketik di mesin pencari kan 'rumah dijual'. Makanya, nama domain Rumahdijual.com ini unik soalnya dari segi SEO (Search Engine Optimization, Optimalisasi Mesin pencari), kata 'rumah dijual' ini kata kunci yang bagus, banyak dicari orang," terang Wasudewan.

Rumahdijual.com didirikan dan dijalankan sejak 2010 oleh satu orang saja, yaitu Yohanes Aristianto. Lima tahun berjalan, menurut data ComScore, Rumahdijual.com tercatat memiliki 2,6 juta pengunjung (visitor) dan 13,6 juta kunjungan (page view) setiap bulannya. Maka, tidak mengherankan jika Rumah.com punya keinginan kuat untuk mengakuisisi Rumahdijual.com.

Namun, selain rekam jejak positif yang ditunjukkan Rumahdijual.com, Wasudewan mengungkapkan bahwa pihaknya mengakuisisi Rumah.com lantaran keduanya memiliki visi yang sama.

"Rumah.com dan Rumahdijual.com punya visi yang sama. Kami ingin membantu orang Indonesia supaya bisa mengambil keputusan tepat ketika ingin membeli rumah dengan menyediakan informasi selengkap mungkin," tegas Wasudewan yang sebelumnya pernah berkarier di perbankan.

Diungkapkannya, Rumah.com dan Rumahdijual.com secara kolektif akan menguasai sekitar 43 persen para pencari properti di dunia maya di Indonesia. Lebih spesifik lagi, nantinya jumlah pengunjung per bulan yang mengunjungi keduanya akan mencapai 5,5 juta pengunjung per bulan.

Dengan demikian, langkah akuisisi ini makin mengukuhkan posisi keduanya sebagai pemimpin pasar situs properti online di Indonesia.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.