Sukses

5 Cara Maksimalkan Penggunaan Google Now di Android

Berikut ini kami suguhkan 5 cara memaksimalkan penggunaan Google Now di smartphone Android kesayangan Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Google Now, asisten virtual dari Google untuk platform Android memang sudah menjadi fitur yang wajib hadir di tiap smartphone Android. Fitur ini memang dibuat untuk memudahkan pengguna Android dalam berinteraksi dengan smartphone.

Hanya saja, belum semua pengguna Android menggunakan aplikasi ini. Kebanyakan masih menganggap bahwa Google Now sekadar mesin pencari di internet ataupun aplikasi yang ada di smartphone. Padahal dengan sedikit penyesuaian, Google Now dapat menjadi aplikasi yang lebih fungsional.

Untuk itu, berikut kami suguhkan 5 (lima) cara memaksimalkan pengguna Google Now di Android, seperti dikutip dari laman Ubergizmo dan BGR, Senin (7/12/2015)

Atur Google Now dan kenali beberapa bahasa

Fitur ini sangat membantu bagi pengguna Android yang multi-lingual. Dengan cara ini, Google Now dapat mengenali secara otomatis bahasa yang diucapkan oleh pengguna.

Untuk melakukannya, cukup buka Settings di Google Now. Lalu, pilih Voice dan Languages. Dari situ, pilih bahasa yang biasa digunakan oleh pengguna, mulai dari bahasa Inggris, Spanyol, Perancis, dan lain sebagainya.

Akses informasi terbaru

Sebelum memulai, Google Now biasanya akan bertanya mengenai ketertarikan Anda tentang saham dan olahraga. Dari situ, Google Now secara otomatis akan memberikan informasi terbaru tentang saham atau tim olahraga favorit secara otomatis.

Tak hanya itu, Google Now juga mampu memberikan informasi terbaru dari situs yang pernah dikunjungi pengguna. Namun, fitur ini bisa diakses ketika pengguna mencari situs memakai Google Search.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Gunakan sebagai pembaca pesan masuk

Fitur ini adalah fitur terbaru yang ada di Google Now. Dengan fitur baru ini, Google Now dapat membacakan pesan terbaru yang ada di kotak masuk. Cukup mengucapkan "Show me my latest messages," Google Now akan langsung membacakan lima pesan terbaru yang ada di kotak masuk.

Hanya saja, fitur ini belum bisa dinikmati oleh semua pengguna Android. Sebab, kemampuan ini hadir bersamaan dengan update terbaru Google Now. Jadi, untuk saat ini pembaruannya masih digulirkan secara bertahap.

Sebagai pengingat informasi cuaca terbaru

Selain memiliki informasi tentang saham atau olahraga, Google Now juga dapat menginformasikan keadaan cuaca terbaru. Fitur dapat diaktifkan langsung ketika awal penggunaan maupun secara manual. Untuk pengaturan secara manual, pengguna cukup tap menu Settings, lalu pilih Now Card dan aktifkan Weather.

Baca Juga

Nantinya, setelah fitur ini diaktfikan maka Google Now akan selalu menampilkan kondisi cuaca terbaru dari lokasi yang sudah ditentukan sebelumnya. Bahkan, bagi Anda yang terbiasa bepergian dengan rutin, Google Now dapat memberikan informasi estimasi perjalanan terbaru setiap hari.

Dapat digunakan ketika offline

Ketika mengakses Google Now, mungkin tidak sedikit orang berpikir bahwa aplikasi ini hanya dapat digunakan ketika ada akses internet. Padahal Google baru saja merilis pembaruan yang memungkinkan Google Now digunakan saat tidak terkoneksi ke internet.

Memang kemampuan Google Now sedikit terbatas ketika sedang offline. Namun, beberapa perintah dasar seperti membuka pemutar musik, membuka aplikasi, mematikan/menyalakan Wi-Fi, mengaktikfan airplane mode, mengaktifkan koneksi Bluetooth, termasuk meredupkan cahaya layar bisa berjalan dengan baik.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini