Sukses

Kilas Balik #YearOnTwitter 2015 di Indonesia

Twitter merangkum dan menandai sejumlah momen dan peristiwa penting yang terjadi di sepanjang 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Meski jejaring sosial semakin banyak tercipta, Twitter masih mendapat tempat di hati para pengguna internet di Indonesia. Sebagai salah satu basis pengguna terbesar, tak jarang Indonesia berhasil menjadikan sebuah momen sebagai trending topic dunia. 

Twitter pun kini tak ubahnya seperti ensiklopedia atas berbagai momen dan peristiwa penting Indonesia di tahun ini. Misalnya saja, gerakan sosial, perayaan, berita terhangat, isu nasional, dunia hiburan dan olahraga, berita duka, dan hal menarik lainnya.

Maka itu, dalam siaran pers yang diterima tim Tekno Liputan6.com, Senin (7/12/2015), Twitter merangkum dan menandai sejumlah momen dan peristiwa penting yang terjadi di sepanjang 2015. Berikut ulasannya:

1. Golden Tweet 2015

Pada tahun ini, gelar Golden Tweet dari Indonesia jatuh kepada Raffi Ahmad (@RaffiAhmadLagi), yang menyampaikan dukacita atas meninggalnya Olga Syahputra -- komedian yang juga sahabat terdekatnya. Tweet Raffi meraih hampir 44.000 Retweet dengan "Tweet Impression" (berapa kali sebuah Tweet dilihat dari desktop atau aplikasi mobile) hampir 3 juta.
Tweet Raffi Ahmad
Tweet Raffi Ahmad

2. Momen yang Paling Banyak Dibicarakan di Twitter

Terdapat lima momen yang paling banyak dibicarakan di lini masa Twitter di Indonesia di sepanjang 2015. beberapa di antaranya Bulan Ramadan yang meraup Tweet Impression lebih dari 8,4 miliar secara global, di mana 20 persen di antaranya berasal dari Indonesia.

Lalu, kebakaran hutan di Kalimantan dan Riau yang menarik simpati pengguna Twitter di Tanah Air. Mereka ramai-ramai menyerukan hal ini lewat jejaring sosial ini agar seluruh dunia mendengar, dengan tagar #MelawanAsap, #daruratasap, #saveKalimantan hingga #saveRiau. Tweet meraup hampir 2 juta tweet dalam beberapa bulan terakhir. 

Momen Paling Banyak Dibicarakan di Twitter

3. Akun Twitter dengan Followers Terbanyak

Kehadiran Twitter dinilai mendekatkan masyarakat dengan figur publik yang digemarinya, mulai dari penyanyi, politikus, pemain film, hingga media. Nah, Twitter kini mengungkap akun Twitter dengan pengikut (follower) terbanyak pada tahun ini. 

Posisi pertama diraih Agnes Monica (@agnezmo) dengan jumlah follower sebanyak 14,4 juta, atau naik 2,5 juta follower dari tahun lalu. Selanjutnya Raditya Dika (@radityadika) yang naik ke posisi ke-2 dengan pertumbuhan jumlah follower sebanyak 3,5 juta. 

Akun Twitter dengan Follower

Bagi yang ingin mendapat informasi dan data lebih lengkap terkait #YearOnTwitter 2015, Anda dapat mengunjungi blog Twitter Indonesia di tautan ini dan situs 2015.Twitter.com. Infografis dapat diunduh di tautan ini.

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.