Sukses

Facebook Tutup Tiga Aplikasi Ini

Tak satu pun dari ketiganya yang meraih daya tarik signifikan, seperti aplikasi milik Facebook -- Messenger, WhatsApp, dan Instagram.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa anak usaha Facebook -- seperti Instagram dan WhatsApp -- menuai kesuksesan di dunia. Sebagai bukti, kedua aplikasi tersebut kini telah digunakan oleh ratusan juta orang di dunia. 

Kendati begitu, hal ini tampaknya tak dirasakan oleh aplikasi lainnya yang juga dikembangkan Facebook. Imbasnya, Facebook menutup Creative Labs, divisi pengembangan aplikasi mobile yang telah berjalan selama 2 tahun. 

Creative Labs menaungi pengembangan tiga aplikasi, antara lain Slingshot, Rooms, dan Riff. Dengan kata lain, ketiga aplikasi ini akan dihentikan pengembangannya. 

Dilaporkan pertama kali oleh CNET sebagaimana dikutip dari Venture Beat, Selasa (8/12/2015), Facebook telah menarik aplikasi-aplikasi besutan Creative Labs dari toko aplikasi. 

Jika Anda ingat, sebetulnya ketiga aplikasi itu adalah besutan perusahaan yang dihasilkan Hackathons. Slingshot merupakan aplikasi pesan instan yang tadinya direncanakan untuk menyaingi Snapchat. Sedangkan Room adalah layanan group messaging, dan Riff adalah sebuah layanan yang menampilkan video sosial dengan topik tertentu.

Tak satu pun dari ketiganya yang meraih daya tarik signifikan, seperti aplikasi milik Facebook -- Messenger, WhatsApp, dan Instagram.

Penutupan Creative Labs tampaknya menjadi sinyal bagi Facebook untuk mengevaluasi kembali, dan Facebook tak perlu menjadikan ide Hackhaton sebagai divisi formal. CNET mengatakan bahwa Slingshot ditutup hari ini, dan diikuti Rooms pada 23 Desember mendatang.

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.