Sukses

5 Trik yang Wajib Diketahui Penggila Belanja Online

Berikut ini kami sajikan 5 trik untuk tetap 'aman' dalam bertransaksi menyambut Hari Belanja Online Nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Sebentar lagi Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2015 akan tiba. Sedikit berbeda dengan Harbolnas yang diadakan tahun lalu, kali ini festival belanja online nasional tersebut diramaikan oleh sekitar 140 pelaku e-commerce.

Kesempatan ini tentu tidak boleh disia-siakan para penggila belanja online di tanah air. Namun terkadang ketika melihat tawaran harga yang menarik, tidak sedikit pembeli yang kemudian 'kebobolan' akibat kebablasan membeli produk-produk tersebut.

Untuk itu, berikut kami berikan beberapa trik menyambut Harbolnas tanpa perlu khawatir akan membuat dompet Anda terkuras, seperti dikutip dari laman CNET, Kamis (10/12/2015)

Cari kupon atau kode promo

Salah satu cara mudah untuk mendapat potongan harga adalah dengan mencari kupon atau kode promo dari masing-masing toko. Beberapa toko online biasanya menyediakan kode promo bagi pembeli dengan syarat tertentu, misalnya setelah mengunduh aplikasinya ataupun ketika melakukan transaksi perdana.

Tidak hanya itu, di internet juga acap kali ditemukan beberapa situs yang memang menyediakan kupon atau kode promo di beberapa toko sekaligus. Hal yang dibutuhkan adalah kesabaran untuk mencari kode promo yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Manfaatkan program cashback

Saat ini sudah banyak toko online yang bekerja sama dengan bank tertentu dan menawarkan program cashback untuk beberapa pembelian. Nah, kesempatan ini perlu diambil para penggila belanja online. Sebab, jumlah uang yang dikembalikan biasanya juga cukup menggiurkan.

Tak hanya itu, pengguna kartu kredit juga dapat memanfaatkan program kredit dengan cicilan seminimal mungkin. Jadi, pembeli tetap dapat berbelanja dengan harga paling menarik dan sesuai dengan kemampuan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Rehat sejenak

Ketika melihat berbagai tawaran harga yang menarik, harus diakui akan sangat sulit untuk tidak membelinya. Namun, perlu diketahui bahwa ada kalanya pembeli harus sedikit rehat ketika sudah cukup membeli barang.

Sebab, perlu diketahui bahwa tidak sedikit toko online melacak aktivitas pembeli. Jadi, mereka dapat tahu ketika Anda melihat barang tertentu dan memutuskan berhenti melakukan pembelian. Oleh karena itu, tidak jarang kemudian mereka akan mengirimkan email atau promo untuk mengajak Anda kembali bertransaksi.

Cek media sosial

Media sosial saat ini sudah jadi salah satu media pemasaran yang cukup efektif, terlebih bagi brand yang tidak terlalu besar. Sebab, melalui media sosial brand ini dapat menginformasikan produknya dengan cara lebih mudah dan murah.

Baca Juga

Terlebih, tidak jarang brand tersebut akan menginformasikan promosi ataupun harga khusus lewat akun media sosialnya. Jadi, tidak ada salahnya Anda juga memantau beberapa akun media sosial brand yang memang jadi incaran, sehingga tidak tertutup kemungkinan akan ada promo khusus yang ditawarkan.

Tidak melulu soal diskon

Ketika membeli sesuatu, tidak sedikit pembeli berpikir tentang besarnya potongan harga yang diberikan. Padahal, tidak selalu potongan harga yang diberikan itu jadi harga yang termurah. Untuk itu, sebagai alternatif, calon pembeli dapat melihat beberapa harga yang dijual secara bundling.

Sebab, tidak jarang beberapa toko tidak bisa memotong harga produk, tetapi dalam paket penjualannya bisa disertakan produk lain yang menarik perhatian. Jadi, biasanya ada beberapa tambahan barang yang disertakan, namun dengan harga satu barang.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.