Sukses

Trik Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk tanpa Antivirus

Virus shortcut di flashdisk ternyata bisa dihilangkan dengan mudah tanpa antivirus.

Liputan6.com, Jakarta - Hingga saat ini virus shortcut masih menjadi salah satu virus yang paling menyebalkan bagi pengguna komputer. Mengapa tidak, meski sebetulnya tampak tidak terlalu 'berbahaya', virus shortcut bisa membuat jengkel siapa pun yang perangkatnya tertular oleh virus tersebut.

Seperti kebanyakan virus lainnya, virus shortcut biasanya menular pada sebuah perangkat antara lain melalui flashdisk, yang sebelumnya telah tertular oleh virus shortcut tersebut. Maka tidak tertutup kemungkinan, ketika sebuah flashdisk ditancapkan ke sebuah komputer atau laptop, komputer atau laptop tersebut akan ikut tertular oleh virus shortcut.

Saat ini memang sudah banyak antivirus yang mampu memberantas virus shortcut. Namun, tentu saja akan menjadi masalah bagi Anda, jika ternyata di komputer atau laptop yang Anda gunakan tidak terpasang antivirus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Trik menghilangkan virus shortcut di flashdisk tanpa antivirus

Nah, untuk itu, simak trik menghilangkan virus shortcut di flashdisk tanpa antivirus berikut ini.



Langkah pertama, ketika flashdisk sudah tertancap di komputer, buka command prompt (CMD), yang bisa diakses langsung melaui jalan pintas dengan menekan tombol berlambang Windows di keyboard dan huruf R (run).




Selanjutnya, flashdisk yang ditancapkan misalnya G:, maka ketik G: lalu tekan tombol enter.



Lalu ketik perintah attrib -s -h -r -a * . * /s /d dan tunggu beberapa saat.



Setelah itu, semua folder yang 'dihilangkan' atau 'disembunyikan', termasuk virus shortcut tersebut akan muncul. Maka jelas, langkah selanjutnya Anda tinggal menghapus virus shortcut itu secara permanen.

Voilla! Flashdisk Anda sudah bersih dan bebas dari virus shortcut yang menyebalkan. Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba!

(Why/Isk)



**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.