Sukses

Keyboard Ini Bantu Komunikasi Orang Berkebutuhan Khusus

Pengembang keyboard smartphone SwiftKey meluncurkan sebuah aplikasi berbasis simbol yang disebut SwiftKey Symbol.

Liputan6.com, Jakarta - SwiftKey, pengembang keyboard smartphone, ingin membantu orang-orang yang berkomunikasi dengan orang lain secara nonverbal. Perusahaan yang berkantor pusat di Southwark, London tersebut meluncurkan sebuah aplikasi berbasis simbol yang disebut SwiftKey Symbol.

Dikutip dari The Verge, Minggu (13/12/2015), diungkapkan bahwa SwiftKey Symbol digunakan untuk membuat kalimat dengan memanfaatkan gambar. Salah seorang staf SwiftKey yang memiliki anggota keluarga dengan gangguan autisme, memiliki ide untuk menciptakan aplikasi ini.

Aplikasi yang tersedia gratis di Android ini membuat pemanfaatan teknologi prediksi SwiftKey untuk menunjukkan simbol yang dapat digunakan untuk membuat sebuah kalimat.

Baca Juga

Faktor lainnya, seperti waktu atau hari, akan memengaruhi prediksi dari aplikasi tersebut. Pengguna juga dapat menambahkan gambar mereka sendiri dan menggunakan pemutaran audio untuk membacakan kalimatnya bagi orang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sebetulnya aplikasi komunikasi berbasis simbol seperti ini bukanlah hal baru. Aplikasi seperti Proloqui2Go dan TouchChat juga mengandalkan Piktogram untuk membuat kalimat.

Namun harga keduanya bisa saja mahal, dan SwiftKey mengatakan, aplikasi besutannya akan dapat membentuk kalimat lebih cepat dari para pesaingnya.

"Saat ini di pasaran banyak alat komunikasi yang sering kali terlalu lambat untuk memilih gambar tertentu, yang mana seorang anak mungkin ingin memilihnya. Kami menyadari bahwa prediksi inti dan personalisasi teknologi SwiftKey --yang dipelajari dari setiap individu ketika mereka menggunakannya-- akan cocok bagi orang dengan autisme yang merespons dengan sangat baik untuk kegiatan rutin," tulis SwiftKey di blog resminya.

Orang dengan autisme memiliki beragam kebutuhan, sehingga mungkin saja aplikasi ini bisa membantu proses komunikasi mereka.

(Why/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini