Sukses

13 Hal Mengejutkan di Bidang Teknologi Sepanjang 2015

Sepanjang 2015, terjadi cukup banyak peristiwa di dunia teknologi yang menghebohkan. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang 2015, terjadi cukup banyak peristiwa di dunia teknologi yang menghebohkan. Mulai dari Apple yang memperkenalkan produk yang sebetulnya dibenci oleh Steve Jobs, hingga Mark Zuckerberg yang membuat pengumuman mengejutkan terkait sahamnya di Facebook.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini, sebagaimana dihimpun dari Business Insider, Jumat (18/12/2015).

Januari: Microsoft melompati angka 9
Januari lalu, Microsoft membuat pengumuman mengejutkan bahwa pihaknya 'melompati' angka 9 dan langsung ke Windows 10. Saat itu dikatakan bahwa Windows 10 tersedia sebagai pembaruan gratis bagi pengguna Windows 7 dan 8.

Februari: FCC mendukung netralitas bersih
Pada Februari, FCC (Federal Communications Commission) memutuskan untuk mengatur internet sebagai utilitas publik, dengan mendukung konsep netralitas bersih.

April: Tombol Dash Amazon
Ketika Amazon mengumumkan tombol "Dash" pada 31 Maret, semua orang menganggap itu adalah lelucon April Mop. Tapi ternyata itu adalah cara sungguhan untuk benar-benar memesan produk-produk di Amazon dengan menekan tombol tersebut.

April dan seterusnya: Apple Watch
April 2015 menjadi bulan di mana Apple Watch yang sejak lama dikabarkan dan ditunggu-tunggu, dirilis ke pasaran. Tapi setelah sejumlah ulasan bertebaran, Apple Watch tidak berhasil mencatatkan pencapaian positif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Juni-Agustus

Juni: Apple membuka diri
Apple mengumumkan pada Juni bahwa pihaknya akan membuat bahasa pemrograman Swift menjadi open source. Artinya setiap pemrogram bisa mengunduh dan memodifikasinya sesuai keinginan mereka.

Ini adalah langkah mengejutkan besar untuk sebuah perusahaan swasta terkenal. Pada awal Desember, Apple diketahui menindaklanjutinya.

Juli: Ellen Pao dan Reddit
Ellen Pao mengalami dua kejadian penting pada 2015: Pada Maret, Pao kalah dalam gugatan dalam diskriminasi gender atas mantan majikannya, investor teknologi ternama Kleiner Perkins Caufield Byers.

Dan pada Juli, ia mengundurkan diri dari perannya sebagai CEO interim Reddit, menyusul pemberontakan pengguna terhadap penembakan karyawan dari situs berbagi tautan (link-sharing) populer itu.

Agustus: Google menjadi Alphabet
Dunia teknologi 'meledak' pada Agustus ketika Google mengumumkan reorganisasi perusahaan secara total dan penciptaan perusahaan induk baru, Alphabet.

Agustus: New York Times membeberkan budaya kerja Amazon
Pada Agustus, New York Times 'menjatuhkan bom' di Amazon dengan laporan yang menunjukkan bahwa raksasa ritel itu merupakan tempat yang cukup buruk untuk bekerja. Kontan Amazon membantahnya.

3 dari 3 halaman

September-Desember

September: Apple mendukung pemblokir iklan di iOS
Pembaruan sistem operasi mobile iOS milik Apple pada September, menyebabkan kepanikan di media dan industri periklanan lantaran Apple membiarkan penggunanya memasang perangkat lunak pemblokir iklan pada iPhone dan iPad mereka.

September: Apple merrilis sebuah stylus untuk iPad
Pada September, Apple mengumumkan iPad Pro, tablet/laptop hibrida berukuran besar. Bagian yang benar-benar mengejutkan dari tablet tersebut adalah pengenalan stylus seharga US$ 99 bernama Apple Pencil. Stylus merupakan sebuah konsep yang terkenal dibenci oleh Steve Jobs.

Oktober: Tesla menghadirkan mobil otonomos ke publik
Pada Oktober, CEO Tesla Elon Musk memutuskan hal yang sangat tidak diduga-duga: Tesla merilis pembaruan perangkat lunak yang menyulap kendaraan Tesla Model S menjadi mobil (yang hampir) otonomos seutuhnya.

Oktober: Wall Street Journal 'menargetkan' Theranos
Perusahaan rintisan Theranos yang bernilai US$ 9 juta dan pendirinya Elizabeth Holmes ada di pusaran kontroversi besar setelah laporan Oktober di Wall Street Journal mengangkat keprihatinan serius atas efektivitas dari layanan yang ditawarkannya.

Desember: Mark Zuckerberg menjadi seorang ayah
Pada Desember, Mark Zuckerberg dan istrinya Priscilla Chan mengumumkan kelahiran putrinya Max Zuckerberg.

Menariknya, Zuckerberg juga membuat pengumuman mengenai rencananya untuk menyumbangkan 99 persen saham di Facebook untuk Chan Zuckerberg Initiative selama masa hidupnya.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.