Sukses

Dengan Kecepatan Cahaya, Pergi ke Bulan Cuma 1,3 Detik

Jika kita bisa bergerak dengan kecepatan cahaya, maka waktu yang diperlukan untuk sampai ke Bulan hanya 1,3 detik cahaya.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar dari Anda mungkin suka berpikir dan berangan-angan untuk bisa pergi ke planet dan bulan di tata surya kita. Tapi tentu, itu hanya angan-angan, kecuali bagi beberapa pihak, seperti NASA atau lembaga lainnya yang memang telah berkutat di bidang ini sejak lama. 

Namun, tidak ada salahnya juga untuk berangan-angan lebih 'radikal'. Ya, sekarang mari kita asumsikan bahwa kita bisa bergerak pada kecepatan cahaya, dengan media sebuah pesawat, misalnya. Kecepatan cahaya sebanding dengan kurang lebih 670 mil per jam atau 1078,26 kilometer per jam.

Dikutip dari Tech Insider, Rabu (16/12/2015), berikut ini waktu yang kita perlukan untuk menjangkau tata surya kita dengan kecepatan cahaya.

Pertama, waktu yang kita perlukan untuk pergi ke matahari adalah 8,32 menit cahaya. Kemudian untuk pergi ke Merkurius, waktu yang dibutuhkan hanya 5,1 menit cahaya.

Selanjutnya untuk bisa mengunjungi Venus, kita perlu waktu 2,3 menit cahaya saja, sedangkan untuk pergi ke Bulan, waktu yang kita perlukan jauh lebih sedikit lagi, yakni hanya 1,3 detik cahaya.

Lalu, berapa waktu yang diperlukan untuk pergi ke planet merah Mars? Sebentar saja, cukup 4,35 menit. Dan, untuk pergi ke planet raksasa Jupiter, kita hanya perlu menghabiskan waktu 34,95 menit cahaya.

Waktu tersebut dua kali lebih cepat dibandingkan dengan waktu yang dibutuhkan untuk pergi ke Saturnus selama 1,18 jam cahaya.

Adapun tiga planet terakhir, yaitu Uranus, Neptunus dan Pluto, dapat ditempuh masing-masing dengan waktu 2,52 jam cahaya, 4,03 jam cahaya, dan 4,6 jam cahaya.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini