Sukses

Telkomsel Tingkatkan Kapasitas Data Jelang Natal-Tahun Baru

Layanan data menjadi fokus uji jaringan Telkomsel dikarenakan pertumbuhan trafiknya naik dari tahun ke tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang Hari Raya Natal 2015 dan Tahun Baru 2016, Telkomsel melakukan sejumlah upaya untuk meningkatkan kualitas layanan selulernya. 

Pada Natal dan Tahun Baru kali ini, Telkomsel memprediksi layanan datanya melonjak signifikan menjadi 2.000 Terabyte, atau naik 22,6 persen dari trafik data di hari biasa di 2015. Layanan suara diestimasi naik 6,4 persen menjadi 1,64 miliar menit, dan trafik SMS meningkat 1,8 persen menjadi 1,04 miliar SMS.

Untuk itu, Telkomsel melakukan uji jaringan di beberapa area maupun jalur utama yang diprediksi mengalami lonjakan trafik, misalnya tempat wisata dan pusat perbelanjaan. Adapun, layanan data menjadi fokus uji jaringan karena pertumbuhan trafiknya naik dari tahun ke tahun.

Operator dengan 149 juta pelanggan ini akan meningkatkan kapasitas Internet Servie menjadi 370,2 GBPS, atau naik sekitar 60 persen dari tahun lalu. Kemampuan penanganan pelanggan VLR (Visitor Location Register) ditingkatkan sebesar 239 juta pelanggan, atau 11,7 persen dari 2014).

Kemudian, kapasitas HLR (Home Location Register) diprediksi sebesar 303,6 juta pelangan, dan OCS (Online Charging System) sebesar 162 juta. Peningkatkan kapasitas ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses layanan data.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan, "Akhir tahun merupakan periode di mana kebutuhan komunikasi pelanggan meningkat, terutama layanan data. Ini menjadi fokus kami untuk memberikan layanan prima bagi pelanggan," ungkapnya seperti disampaikan dalam siaran rilis kepada tim Tekno Liputan6.com, Rabu (16/12/2015).

Telkomsel juga memastikan sebanyak 100.000 BTS miliknya yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia, dipastikan berfungsi dengan baik untuk melayani pelanggan di mana pun berada.

Lebih lanjut, anak usaha Telkom juga merancang program bernama "TrueBEx", yakni penyediaan jaringan broadband terbaik di 30 kota, yang meliputi 1.000 POI (Point of Interest). Kehadiran layanan 4G kali ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman mobile broadband pengguna.

Tak hanya itu, Telkomsel turut mengerahkan 93 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), menyiagakan 392 Armada Mobile GraPARI, menjamin ketersediaan produk pada 2.668 modern channel dan 3.658 outlet siaga, 73 GraPARI Siaga, dan Call Centre siaga.

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.