Sukses

Batu Akik jadi Primadona Google di 2015

Tahun ini batu akik menduduki posisi puncak daftar query kategori penelusuran terpopuler.

Liputan6.com, Jakarta - Google kembali mengumumkan daftar tahunan Year in Search 2015, yaitu sebuah kumpulan kilas balik tahun 2015 yang menjadi populer di media sosial.

Hasil tersebut memberikan sudut pandang menarik terhadap tren dan peristiwa terhangat berdasarkan kata kunci (query) yang ditelusuri lewat Google (www.google.co.id).

Bertempat di Conservatory, Jakarta, Rabu (16/12/2015), Google Indonesia mengumumkan 10 query paling dicari dalam kategori penelusuran terpopuler.

Putri Silalahi selaku Communications Head of Google Indonesia mengungkap ada 10 kata pencarian yang paling booming di Tanah Air. Menariknya, 10 kata pencarian tersebut terdengar begitu unik dan mengejutkan.

Tahun ini batu akik menduduki posisi puncak daftar query kategori penelusuran terpopuler. Menyusul Go-Jek di peringkat kedua dan kue cubit di peringkat ketiga.

"Kue cubit rupanya juga menjadi tren yang paling signifikan pada tahun ini dan juga menjadi resep yang paling dicari di Google. Selain itu, banyak pula yang mencari resep untuk membuat kue cubit green tea," tutur Putri.

Di sisi lain, Country Industry Head Google Indonesia, Henky Prihatna, mengatakan bahwa batu akik menjadi terpopuler karena begitu besarnya rasa ingin tahu netizen mencari informasi soal batu akik.

"Ini memperlihatkan tren yang terjadi ketika itu, di mana banyak orang mencari tahu soal batu akik, pencariannya berkisar seperti ciri-ciri batu akik yang asli, cara membedakannya, dan lain sebagainya." 

Pencarian terpopuler pada tahun ini pun, dijelaskan Hengky, berbeda dengan mekanisme pencarian yang dilakukan pada tahun lalu. Untuk tahun ini, Google mengelompokkan pencarian terpopuler berdasarkan momen paling tinggi, bukan berdasarkan pencarian.

Aneka macam batu akik yang dijual pedagang di salah satu pasar di Jakarta, Senin (14/9/2015). Pamor batu akik yang dulu melambung kini mulai meredup. Sejumlah pedagang mengaku penjualan mereka turun drastis. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

"Pencarian terpopuler ini jadi berdasarkan peak, bukan yang terbanyak. Kami mengelompokkan yang tertinggi pada saat momen itu, kemudian barulah dibandingkan dengan peak yang lain lalu diambil peak yang paling tinggi," katanya.

Tren seperti itu, ujar Hengky, disebut Google sebagai Micro Moments, yakni merupakan momentum di mana netizen benar-benar menganggap smartphone-nya seperti teman untuk bertanya apa pun sampai ke level pertanyaan paling mudah sekali pun.

"Banyak sekali yang bisa ditanyakan, seperti mulai dari informasi model rambut yang sedang tren, resep makan malam, alamat rumah, bahkan pertanyaan seperti 'apakah saya harus melanjutkan S2'," ia menuturkan.

Secara lengkap, berikut daftar 10 besar pencarian terpopuler Google sepanjang 2015:

1. Batu akik
2. Go-Jek
3. Kue Cubit
4. Angeline
5. Olga Syahputra
6. Dubsmash
7. Furious 7
8. Tragedi Mina
9. Goyang Dumang
10. Piala Presiden

(Jek/Isk)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini