Sukses

Komponis Paling Berpengaruh Beethoven Muncul di Google Doodle

Ludwig von Beethoven adalah salah satu komposer paling terkenal dan berpengaruh sepanjang masa.

Liputan6.com, Jakarta - Ludwig van Beethoven adalah salah satu komposer paling terkenal dan berpengaruh sepanjang masa. Ia terkenal antara lain berkat karyanya 'Sembilan Simfoni', yang juga digambarkan sebagai 'Pilar Peradaban Barat'.

Menurut informasi yang dihimpun dari Mirror, Kamis (17/12/2015), sebetulnya tidak jelas kapan tepatnya Beethoven lahir. Tetapi 17 Desember 2015 menandai ulang tahun ke-245 dari proses pembaptisan dirinya.

Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Demikian adalah ungkapan yang tepat untuk disematkan kepada Beethoven lantaran bakat musik yang ia miliki diperoleh dari ayahnya sendiri.

Ayahnya, Johann van Beethoven, adalah guru musik pertamanya, yang merupakan seorang penyanyi. Legenda mengatakan bahwa dia adalah seorang instruktur yang keras, dan Beethoven muda dibuat sering dibuat menangis.

Pada usia sepuluh, ayahnya menarik ia keluar dari sekolah dengan harapan menghasilkan uang dari bakat Beethoven muda. Akibatnya, tulisan tangannya sangat buruk, dan karena itu pula ia berjuang keras untuk membuat keaslian dan kekhasan tanda tangannya.

Saat ia tumbuh dewasa, meski emosi Ludwig kadang meledak-ledak, ia juga bisa berlaku sangat baik dan murah hati kepada teman-temannya.

Yang menyedihkan untuknya, ia kehilangan dua saudara kandungnya, sehingga ia harus bertanggung jawab penuh atas keluarganya sebagai seorang remaja.

Selanjutnya, dua hubungan percintaan yang tak berbalas pernah membuat dirinya 'gila'. Sementara hal itu membuatnya menderita, banyak yang percaya justru hal itu memberinya 'amunisi' secara emosional bagi beberapa karya terbesarnya, seperti 'Für Elise' dan 'Moonlight Sonata'.

Di puncak kariernya, Ludwig mulai kehilangan pendengaran. Ia juga memiliki denyut jantung tidak teratur, yang juga diyakini telah mengilhami sebagian karyanya. Kendati demikian, musik Beethoven memang unggul dan ia memainkan peran penting dalam transisi antara era Klasik dan Romantik dalam dunia musik Barat.

Konon Mozart, yang juga merupakan komponis berpengaruh dunia dari Austria, pernah berkata, "Suatu hari, (anak itu, Beethoven) akan memberikan dunia sesuatu untuk dibicarakan (dikenal banyak orang, memengaruhi dunia.)"

Adapun Google Doodle edisi hari ini didesain oleh desainer Leon Hong, seniman Nate Swinehart, dan insinyur Jonathan Shneier dan Jordan Thompson. Konsep yang diusungnya adalah mengambil bentuk teka-teki musikal dengan animasi, yang mendokumentasikan perjalanan Ludwig ke balai simfoni, setelah lembaran musik karyanya dimakan oleh kuda.

Pemain diminta untuk mengatur lembaran musik tersebut dalam urutan yang benar untuk membuat beberapa karyanya yang paling terkenal, termasuk 'Simfoni Kelima', 'Für Elise', 'Moonlight Sonata', dan 'Simfoni Kesembilan' ('Ode to Joy'). Untuk lebih jelasnya, buka saja laman utama Google.

(Why/Isk)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini