Sukses

Navigasi Waze Kini Bisa Berbahasa Indonesia

Waze mengklaim sebagai penyedia layanan navigasi yang pertama kali menyediakan bahasa Indonesia di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi navigasi real-time, Waze, kini menghadirkan fitur Bahasa Indonesia untuk voice prompt (navigasi suara) terhadap pengguna di Tanah Air yang mencapai 1,1 juta di Jakarta. 

Kehadiran fitur baru ini juga guna memperluas layanannya untuk mencaplok pengguna baru. Dengan ini, Waze mengklaim sebagai penyedia layanan navigasi yang pertama kali menyediakan Bahasa Indonesia.

Diungkap pada siaran rilis kepada tim Tekno Liputan6.com, Kamis (17/12/2015), inisiatif menghadirkan navigasi suara dalam Bahasa Indonesia ini dicetuskan oleh komunitas Wazers di Indonesia, yang diketuai Waze Global Champ, Christian Iskandar.

"Sebelum adanya inisiasi ini, kami telah menerima banyak permintaan untuk menghadirkan itu. Lagipula, Indonesia bukanlah negara berbahasa Inggris sehingga navigasi suara baru ini akan sangat membantu," ujarnya. 

Baca Juga

Sementara Julie Mossler, Juru Bicara untuk Waze, menambahkan, "Kami yakin navigasi suara baru ini akan diterima positif oleh komunitas di Indonesia. Misi kami adalah untuk membantu pengendara di seluruh dunia untuk fokus dalam berkendara,” ujar Mossler. 

Sekadar diketahui, navigasi suara baru ini diisi oleh Alva, seorang dosen asal Bandung, Jawa Barat, dan Septi, pembawa berita dari Semarang, Jawa Tengah. Dua suara ini terpilih berdasarkan pencarian nasional oleh Wazers di Indonesia. 

Navigasi suara Waze dalam Bahasa Indonesia merupakan satu dari lima navigasi suara yang baru diperkenalkan di seluruh dunia, yang juga termasuk Bahasa Polandia, Latvia, dan Serbia. 

(Cas/Isk) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.