Sukses

10 Smartphone Terbaik Sepanjang 2015 (Bagian 2)

Smartphone manakah yang mampu mencuri hati Anda di tahun ini? Intip ulasannya berikut di bagian kedua.

Liputan6.com, Jakarta - Gempuran smartphone dengan spesifikasi canggih dan banderolan harga terjangkau bisa dibilang begitu menjamur di tahun ini.

Bukan tidak mungkin, perang antar vendor kembali terjadi dan 'membetot' publik, sehingga muncul pertanyaan klasik: "Smartphone mana yang paling terbaik di antara yang terbaik?"

Sebelumnya, di bagian pertama tim Tekno Liputan6.com secara khusus telah menyajikan kumpulan daftar smartphone terbaik yang patut diperhitungkan eksistensinya.

Menurut yang dilansir Business Insider, Selasa (22/12/2015), kesepuluh perangkat ini ditawarkan dalam harga yang bervariasi, dan tentunya dikemas dengan spesifikasi yang beragam.

Nah, smartphone manakah yang mampu mencuri hati Anda di tahun ini? Intip ulasannya berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

HTC One M9 dan A9

'Dynamic duo' dari smartphone besutan HTC ini pun patut diperhitungkan kehadirannya di jagat smartphone pada tahun ini.

HTC One M9 Plus merupakan produk premium yang menyasar segmen high end. Dibekali prosesor octa-core (8 inti) 2.2 Gigahertz (Ghz), handset yang mengusung RAM 3GB dan ruang penyimpanan internal seluas 32GB ini tampil percaya diri dengan fitur imaging dan audio yang mumpuni.

Kesan apik, mewah, dan elegan muncul ketika pertama kali melihat handset tersebut. Bagaimana tidak, balutan metal dalam warna gold on gold, gold on silver, dan gunmetal gray menjadi kombinasi yang sangat pas.

Selain itu, HTC One A9 dinilai cukup 'gahar'. Di sektor kamera, smartphone tersebut memiliki kamera utama 13MP dan kamera depan 4MP. Seluruh bodi One A9 terbungkus dari bahan metal.

Hadirnya One A9 dengan segudang spesifikasi canggihnya bisa menjadi sebuah `alternatif` yang bagus selain iPhone.

Bahkan, dari tiap sisi hingga lekukan desain fisiknya, sekilas HTC One A9 memiliki desain serupa dengan iPhone 6s. Sementara layar One A9 memiliki bentang seluas 5 inci beresolusi 1.080 x 1.920 dengan teknologi Amoled.

Kepadatan layar atau density yang dimilikinya mencapai 440 ppi. Layar tersebut juga dilindungi material tahan gores, Corning Gorilla Glass 4.

3 dari 6 halaman

LG G4

G4 merupakan seri smartphone primadona LG yang 'naik daun' pada tahun ini. Selain menawarkan segudang spesifikasi kelas dewa, rupanya desain material yang terbuat dari kulit serta padanan warna menarik menjadi nilai plus smartphone ini.

Materual kulit dipilih LG karena akan membuat penggunanya tetap nyaman ketika menggenggam smartphone mewah ini. Tak hanya itu, LG menyatakan kulit memiliki kemampuan menahan panas dari handset yang menjalankan kinerja berat.

Bahkan, kulit yang dipilih berasal dari hewan yang hidup di atas ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut. LG menjelaskan, kalau kurang dari itu, biasanya masih ada serangga dan hewan lainnya yang bisa menurunkan kualitas. Material ini sangat terbatas karena hanya 10% dari total populasi sapi yang ada di dunia.

4 dari 6 halaman

Samsung Galaxy Note 5

Samsung kembali merajai daftar smartphone terbaik di 2015 dengan menghadirkan seri terbaru Note-nya, Galaxy Note 5. Phablet ini memiliki desain dari material logam dan kaca dengan lengkungan di bagian belakang yang memudahkan penggunanya menggengam dalam satu genggaman.

Selain itu, Galaxy Note 5 memiliki S pen yang merupakan 'ujung tombak' dari phablet ini. S Pen di Galaxy Note 5 hadir lebih intuitif dan lebih responsif

Samsung Galaxy Note 5 menawarkan fitur menarik lewat kamera utamanya yang beresolusi 16MP, dilengkapi dengan OIS (Optical Image Stabilization), dan VDIS (Video Digital Image Stabilization), serta kamera depan 5MP.

Phablet premium ini memiliki bentang layar super AMOLED sebesar 5,7 inci (2560x1440 piksel). Selain itu, Galaxy Note 5 ditopang dapur pacu yang disokong prosesor Exynos octa core 2.1 GHz Quad + 1.5 GHz 64 bit dan RAM 4GB, serta mengadopsi sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop.

Untuk sektor baterai, phablet ini memiliki baterai dengan kapasitas sebesar 3.000 mAh.

5 dari 6 halaman

Samsung Galaxy S6 Edge

Lagi-lagi seri Galaxy S6 dari Samsung masuk ke dalam daftar terbaik 2015. Galaxy S6 Edge tampil berbeda dari Galaxy S6 yang dinilai sebagai seri 'standar'-nya Samsung.

Galaxy S6 Edge dibekali layar AMOLED Quad HD (2560x1440) seluas 5,1 inci, hanya saja Samsung melengkapinya dengan layar melengkung tambahan di bagian samping.

Dapur pacu perangkat jawara Samsung dengan layar lengkung ini diisi prosesor setara Octacore dengan perpaduan Quad 2,1GHz dan Quad 1,5Ghz yang dipadu RAM 3GB dan berjalan di atas sistem operasi Android 5.0 Lollipop.

Bahkan, Galaxy S6 Edge berhasil memecahkan rekor penjualan perusahaan. Smartphone tersebut dikabarkan berhasil terjual sebanyak 20 juta unit.

Jumlah angka pesanan fantastik itu ternyata dilakukan oleh berbagai operator telekomunikasi di dunia. Perusahaan telekomunikasi menilai, produk terbaru milik Samsung itu bakal menarik minat pasar lebih besar lagi.

6 dari 6 halaman

iPhone 6s dan 6s Plus

Mutlak, iPhone 6s dan 6s Plus resmi menduduki jawara smartphone terbaik sepanjang 2015. Hadir pada September 2015 lalu, iPhone 6s dan 6s Plus dibekali chip A9, yang diklaim 70 persen lebih cepat dalam hal kinerja komputasi daripada chip A8 di iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

iPhone 6s hadir mengusung kamera iSight dengan resolusi 12MP. Artinya, sektor kamera pun mengalami peningkatan, dari yang hanya 8MP pada versi sebelumnya. Adapun pilihan warna yang tersedia di ponsel yang dibekali teknologi 3D Touch ini adalah silver, gold, space gray, dan rose gold.

Selain itu, iPhone 6s dan 6s Plus juga mendukung teknologi LTE dan Wi-Fi yang lebih cepat dan fitur live photos. Fitur tersebut juga akan didukung oleh aplikasi Facebook di iOS.



(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini