Sukses

Android Lebih Populer Ketimbang iOS di AS

Laporan terbaru dari Nielsen pada kuartal ketiga 2015 menunjukkan bahwa 52,6 persen smartphone di Amerika Serikat menjalankan OS Android.

Liputan6.com, Jakarta - Anda pasti mengira kalau iOS lebih populer dari Android di Amerika Serikat (AS), tapi nyatanya tidak demikian. Android masih merajai sistem operasi (OS) mobile di Negeri Abang Sam.

Laporan terbaru dari Nielsen pada kuartal ketiga 2015 menunjukkan bahwa 52,6 persen smartphone di AS menjalankan OS Android, sementara perangkat yang menjalankan iOS sekitar 42,7 persen.

Sistem operasi besutan Google tersebut sebenarnya bukan cuma populer di AS, tetapi juga di seluruh dunia. Tak seperti iOS, perangkat Android dibuat oleh sejumlah vendor smartphone, seperti Samsung, LG, Motorola, Lenovo, Asus, dan lain sebagainya, termasuk smartphone low-end.

Sementara laporan terbaru dari International Data Corporation (IDC) menunjukkan bahwa Android memiliki 82,8 persen pangsa pasar di seluruh dunia, sementara iOS hanya 13,9 persen. Demikian seperti dikutip dari laman Huffington Post, Selasa (22/12/2015).

Penelitian Nielsen juga tidak jauh berbeda dari tahun lalu atau 2013 - yang menunjukkan bahwa pangsa pasar Apple mulai menurun. Namun pekan lalu, Nielsen melaporkan bahwa penjualan iPhone kian kuat dalam beberapa tahun terakhir.


Aplikasi Populer di AS (Dok: Market Share)

Hal ini karena Apple telah menikmati keuntungan pada akhir tahun lalu, yang mana iPhone 6 dan 6 Plus mendarat di China. Pun demikian, Wall Street Journal melaporkan bahwa saham Apple mengalami penurunan selama hampir dua tahun.

(Isk/Why)**

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.