Sukses

Italia Bangun Pembangkit Hidrogen

Liputan6.com, Milan: Perusahaan penyedia energi Italia, Enel baru-baru ini membangun pembangkit listrik bertenaga hidrogen. Pembangkit ini diklaim tak mengakibatkan efek rumah kaca. Pembangkit dengan kapasitas 12 megawatt ini terletak di wilayah industri Venezia Porto Marghera, Italia. Enel menyatakan pembangkit ini merupakan pembangkit hidrogen pertama yang beroperasi dengan skala sebesar itu.

Hidrogen diperoleh dari industri petrokimia setempat seperti Polimeri Europa. AFP  mewartakan pembangkit ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan listrik 20 ribu keluarga. Enel menyatakan, emisi yang dikurangi bisa mencapai lebih dari 17 ribu ton karbon dioksida per tahun.

Stasiun energi ini adalah bagian dari proyek "Taman Hidrogen" yang didukung oleh Pemerintah Daerah Venezia dan Menteri Lingkungan Hidup Italia. Proyek senilai empat juta euro atau Rp 57 miliar ini bertujuan untuk mengembangkan penelitian mengenai penggunaan hidrogen atau gas bersih yang hanya menyisakan emisi berupa air ketika digunakan.(AND)
    Artikel Selanjutnya
    Terkendala Pembebasan Lahan, Proyek PLTB Samas Berhenti
    Artikel Selanjutnya
    Pertama di RI, Pembangkit Listrik Tenaga Angin Operasi Akhir 2017