Sukses

Apple Bakal Akuisisi Startup yang Kembangkan Kecerdasan Buatan

Perusahaan bernama Emotient ini diketahui mengembangkan sebuah sistem komputer kecerdasan buatan yang dapat membaca emosi

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan mengakuisisi perusahaan yang bergerak di teknologi kecerdasan buatan. Kali ini pembesut iPhone itu membeli startup yang mengembangkan sistem kecerdasan buatan yang dapat membaca emosi berdasarkan raut wajah.

Sama seperti yang sudah dilakukan sebelumnya, Apple tidak menyebutkan nilai transaksi dan rencana terkait pembelian perusahaan yang bernama Emotient itu.

Mengutip informasi dari laman Tech Times, Minggu (10/1/2016), Emotient merupakan perusahaan yang mengembangkan teknologi kecerdasan buatan untuk tipe deep learning.

Tipe ini merupakan sistem yang melibatkan jaringan pelatihan saraf yang menggunakan data dalam jumlah besar. Lalu, jaringan tersebut akan diarahkan untuk membuat kesimpulan baru.

Jadi, teknologi Emotient memungkinkan untuk memuat jaringan yang berisi gambar dan video dengan ekspresi dan emosi berbeda.

Sebelumnya, Emotient sendiri baru-baru ini mengadakan perputaran investasi mencapai US$ 8 juta dari beberapa investor termasuk Intel Capital. Rencananya, perusahaan itu akan melakukan perputaran baru. Sayangnya, setelah itu tidak ada satupun yang berhasil digandeng.

Usaha akuisisi Apple pada beberapa startup di bidang kecerdasan buatan bukan kali pertama dan sudah dilakukan sejak tahun lalu. Sebelumnya, Apple juga resmi mengakuisisi startup di bidang real-time motion picture, yakni Faceshift.

Selain Faceshift, Apple juga diketahui telah membeli perusahaan di bidang serupa. Untuk Eropa sendiri, Apple telah mengakuisisi PrimeSense, Polar Rose, dan Metaio. 

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.