Sukses

Ini Domain yang Paling Banyak Digunakan di Internet

Liputan6.com, Jakarta - Domain Tiongkok '.cn' telah menjadi domain yang paling banyak digunakan di internet dengan kurang lebih 16,36 juta pengguna. Angka tersebut melebihi domain Jerman '.de'.

Menurut data yang dirilis China Internet Network Information Centre (CNNIC), yang dihimpun dari First Post, Senin (11/1/2016), '.cn' memiliki 16,36 juta pengguna pada akhir 2015. CNNIC sendiri merupakan pengelola domain '.cn', mirip dengan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi).

Diketahui domain '.cn' juga terkenal di dunia dalam hal layanan resolusi domain, keamanan, dan tingkat kemudahan penggunaannya, kata kepala CNNIC, Li Xiaodong.

Lebih lanjut Li berujar, ketika Tiongkok mulai memerlukan pendaftaran real-name pada 2009, domain '.cn' mampu melindungi kepentingan penggunanya dan mengurangi pencurian online, phishing dan penipuan.

Domain tersebut tidak hanya banyak digunakan oleh lembaga dan perusahaan Tiongkok, tetapi juga oleh lembaga di luar negeri dan perusahaan multinasional. Semua pemerintah pusat dan provinsi di Tiongkok dan sebagian besar perusahaan telekomunikasi selain bank komersial, menurut kantor berita Xinhua, juga menggunakan domain tersebut.

Bahkan perusahaan multinasional termasuk Apple, Microsoft, Amazon dan Citibank, termasuk beberapa perusahaan yang menggunakan domain '.cn'.

Saat ini Tiongkok memiliki sekitar 670 juta pengguna internet dan lebih dari 4,13 juta situs web. Adapun (CNNIC) yang mengelola domain '.cn' merupakan sebuah lembaga di bawah Kementerian Perindustrian dan Informasi.

(Why/Isk)*

Artikel Selanjutnya
4 Profesi Aneh yang Muncul Gara-Gara Internet
Artikel Selanjutnya
Selain Bill Gates, Ini 3 Tokoh Teknologi yang Mengubah Dunia