Sukses

Aplikasi Ini Sanggup Hemat Data hingga 60% saat Nonton Netflix

Aplikasi ini sanggup menghemat penggunaan paket data pada saat menonton Netflix di ponsel hingga 60%.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari lalu, situs jejaring sosial digemparkan dengan tagar #Netflixeverywhere yang mengumumkan bahwa Netflix, penyedia layanan video streaming yang menayangkan film dan berbagai serial televisi populer, kini telah bisa diakses secara global termasuk di Indonesia!

Setelah sekian lama menunggu, netizen di Indonesia saat ini akhirnya dapat secara leluasa mengakses Netflix.

Serial televisi produksi Netflix seperti “Orange is the New Black” dan “Narcos”, kini dapat ditonton oleh orang-orang di lebih dari 130 negara, termasuk Indonesia yang merupakan satu dari banyak negara dengan populasi perangkat mobile terbesar di dunia. Di Indonesia, tarif berlangganan Netflix mulai dari Rp109.000,- per bulan.

Netflix sendiri merupakan layanan berlangganan yang dapat dinikmati dari Smart TV, komputer, tablet, konsol game hingga perangkat mobile. Jika kita lebih sering menggunakan ponsel untuk video streaming, kita harus cermat dan berhati-hati lantaran video streaming dapat menguras paket data dengan sangat rakus, terutama jika menggunakan paket data dari operator seluler.


Perkiraan paket data yang dihabiskan untuk menonton satu film di Netflix pada definisi standar (standard definition, SD), adalah 700 MB per jam. Makin tinggi kualitas gambar yang diinginkan, maka makin banyak pula kuota internet yang dihabiskan.



Untungnya, berkat kehadiran Opera Max dari Opera, pengguna tidak perlu khawatir akan hal ini. Meski merupakan aplikasi gratisan, Opera Max berfungsi secara maksimal dalam menghemat paket data.

Opera Max merupakan aplikasi android pertama di dunia yang dapat mengoptimalkan video dan music streaming. Lebih lanjut, menurut keterangan resmi yang Tekno Liputan6.com terima, aplikasi ini mampu membantu menghemat paket data ketika kita menonton Netflix hingga 60 persen.

Artinya, berkat Opera Max, kita dapat menonton 2 kali lebih banyak dengan jumah paket internet yang sama. Selain itu, kita juga dapat memblokir Netflix dari paket data ponsel dan hanya mengaktifkannya apabila kita berada di jaringan Wi-Fi.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.