Sukses

Google Doodle Peringati Kelahiran Penulis Cinderella

Google Doodle memperingati kelahiran Charles Perrault, penulis Little Red Riding Hood, Sleeping Beauty, dan Cinderella.

Liputan6.com, Jakarta - Google Doodle memperingati kelahiran Charles Perrault, penulis Little Red Riding Hood, Sleeping Beauty, dan Cinderella yang lahir 388 tahun lalu.

Doodle diciptakan oleh seniman Sophie Diao yang menampilkan adegan dari dongeng terkenal, seperti Cinderella, Mother Goose, dan Puss in Boots.

Perrault lahir di Paris pada 12 Januari 1628, di mana sebelum menjadi seorang penulis ia berprofesi sebagai pengacara. Sementara Brothers Grimm secara luas hanya menulis dongeng, Perrault menulis Le Petit Chaperon, La Belle au bois dormant, dan Cendrillon secara lengkap, 200 tahun sebelumnya.

Pada 1695, yang saat itu berusia 67, Perrault menulis serangkaian cerita yang dirancang untuk mendorong pembaca merenungkan dilema yang kemudian menjadi cerita rakyat. 

Serangkaian cerita itu saat ini dikenal sebagai Mother Goose, disusul Puss in Boots, Blue Beard, dan Cinderella serta cerita tentang Ricky dari Tuft dan Little Thumb.

Buku itu sangat sukses, dan akhirnya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris pada 1729 oleh Robert Samber. Demikian seperti dikutip dari laman Telegraph, Selasa (12/1/2015).

Namun sayangnya, cerita asli dari Perrault kehilangan banyak detail. Versi Little Red Riding Hood, misalnya, dibuat lebih eksplisit bahwa 'serigala' adalah tokoh yang berniat memangsa gadis-gadis muda yang berkeliaran sendirian di hutan.

Charles Perrault, yang juga dikenal sebagai seorang akademisi menghabiskan sebagian besar hidupnya di istana Raja Louis XV di abad ke-17. Ia diketauhui meninggal pada tahun 1703.

(Isk/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini