Sukses

Tips Newbie Main Clash of Clans

Tidak seperti game-game strategi lainnya, main Clash of Clans itu susah-susah gampang.

Liputan6.com, Jakarta - Tak bisa dipungkiri lagi kalau Clash of Clans merupakan game strategi yang terkenal di berbagai mobile platform, dan memiliki fanbase yang cukup besar di dunia.

Bagi Anda yang baru kenal Clash of Clans (CoC), game ini merupakan game strategi yang tujuan utamanya menjadi player dengan trophy paling banyak.

Tidak seperti game strategi lainnya, main Clash of Clans itu susah-susah gampang. Anda tidak bisa langsung main untuk membangun base atau biasanya banyak orang yang nge-raid basis player lainnya.

Bagi Anda yang baru bermain game ini, berikut tim Tekno Liputan6.com berikan tips agar mudah memainkan Clash of Clans.

1. Desain Base

Salah satu kekhawatiran dari pemain baru CoC adalah bagaimana caranya untuk membangun base yang kuat. Perlu diingat kalau base itu ada dua tipe, farming base dan trophy base.

Farming base adalah base di mana Anda ingin menyimpan dengan aman sumber daya dari lawan. Untuk itu letakkan gudang emas atau elixir di dalam tembok dan letakkan Town Hall di luar tembok.  

Ini diperlukan karena terkadang Town Hall Anda akan diserang duluan dan menyudahi serangan. Dengan ini semua sumber daya yang Anda kumpulkan akan aman.

Untuk Trophy base, Anda cukup letakkan Town Hall yang dikelilingi oleh tembok yang kuat – ini berarti ditengah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Raid Pertama Sangat Menentukan

Salah satu kunci kesuksesan main Clash of Clans pertama kali adalah Raid. Tapi base mana yang mudah atau tepat untuk di-raid? Hal pertama yang perlu diingat adalah jangan menyerang base yang lebih tinggi dari Anda. Komposisi pasukkan juga perlu diperhatikan, mengingat kalau pada awal game ini Anda hanya memiliki tentara yang terbatas.

Barbarian dan Archer merupakan pilihan yang tepat untuk Anda gunakan, atau jika sudah gabung dengan Clan Anda bisa bantuan tentara dari rekan Clan. Setelah pilih tentara yang digunakan, sekarang yang harus Anda tentukan adalah base mana yang tepat untuk di-raid?

Memang bukan hal yang mudah, karena Anda akan menemukan banyak base yang sudah tidak aktif lagi dalam waktu lama. Salah pilih base untuk di raid, maka hilang sudah kesempatan Anda untuk mendapatkan 3 bintang.

Pasukan sudah siap, dan base yang ingin di-raid sudah Anda temukan? Bila sudah, maka saatnya mulai nge-raid. Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah deploy satu Barbarian dekat dengan Clan Castle untuk melihat apakah base yang Anda serang ada support dari Clan.

Jika tidak ada, maka langsung deploy satu grup Barbarian untuk menghancurkan mortar. Setelahnya tinggal deploy sisa Barbarian dan Archer yang Anda miliki untuk sapu bersih.

Namun jika ternyata ada pasukan di Clan Castle, maka mereka akan keluar dari castle dan menyerang Barbarian. Pancing pasukan yang menyerang menjauh dari castle, dan setelah sudah cukup jauh jaraknya, langsung deploy grup Barbarian di sekelilingnya untuk menyerang.

Jika ada pertahanan udara, maka Anda perlu untuk mengirimkan Archer.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Atur Strategi Pertahanan

Untuk melindungi base Anda dari penyerang, ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Upgrade semua unit pertahanan yang Anda miliki hingga level paling tinggi karena ini merupakan hal terpenting untuk melindungi base Anda.

Hal lainnya yang dapat Anda lakukan adalah meminta bantuan kepada rekan Clan Anda untuk menyumbangkan beberapa pasukan mereka.

4. Jangan Hamburkan Gems

Saat mulai bermain Clash of Clans, Anda akan mendapatkan 500 gems. Setelah tutorial, Anda akan kehilangan 50 gems karena harus menyelesaikan pembangunan secara instan di tutorial.

Kenapa harus simpan gems? Dengan gems yang ada, Anda bisa membeli builder tambahan (Builder 3) dengan harga 500 gems.

5. Gunakan Spell Saat Terdesak

Seperti unit, spell sangat mahal dan perlu waktu untuk diproduksi. Walau memang cukup efektif, Anda harus yakin kalau pertarungan yang sedang berlangsung membutuhkan spell. Jika tidak perlu maka usahakan untuk tidak digunakan.

Cukup sekian lima tips untuk Anda yang baru akan memulai bermain Clash of Clans. Semoga tips yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda dalam bermain Clash of Clans.

Dan jangan lupa pantau terus Tekno Liputan6.com untuk tips-tips Clash of Clans lainnya.

(Yus/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini