Sukses

XL Hadirkan RBT yang Bisa Digonta-ganti sesuai Mood

Usai menerima masukan dari pelanggannya, XL akhirnya meluncurkan nada tunggu dengan konsep baru, yang lebih unik dan fleksibel.

Liputan6.com, Jakarta - Layanan Nada Tunggu, atau dikenal juga dengan istilah ring back tone (RBT), masih menjadi layanan favorit masyarakat, tak terkecuali pelanggan XL Axiata. Usai menerima masukan dari pelanggannya, XL akhirnya meluncurkan nada tunggu dengan konsep baru, yang lebih unik dan fleksibel.  

Layanan yang mengusung nama "MoodMusic" tersebut merupakan yang pertama di Indonesia. Dan terhitung mulai 1 Desember 2015 kemarin, pelanggan XL sudah bisa menikmatinya.

Dalam keterangan resmi yang Tekno Liputan6.com terima, Chief Revenue Management Officer XL, M A Ali mengatakan, "Era digital telah melahirkan berbagai produk layanan digital yang bersifat entertainment, namun tetap saja pelanggan tetap mencari RBT sebagai 'status' pada penanda nada tunggu telponnya."

Secara sederhana, gagasan utama XL MoodMusic berupa layanan nada tunggu, di mana pelanggan dapat mengekspresikan mood atau perasaannya melalui musik nada tunggu langsung di ponselnya.

Fitur unggulan yang disematkan ke layanan ini di antaranya pelanggan dapat mengganti sendiri lagu-lagunya sesuai dengan perasaannya secara leluasa, sehingga penelpon dapat mendengar dan turut merasakan perasaan yang dimaksud.

Berbeda dengan nada tunggu konvensional, melalui XL MoodMusic pelanggan dapat mengganti atau memperbarui lagu nada tunggunya tanpa dikenakan biaya tambahan selama masa berlangganan.

Ratusan lagu pilihan yang sudah disesuaikan dengan berbagai macam perasaan telah tersedia pada layanan ini. Selain itu, ada pula lagu-lagu terbaru, di mana pelanggan dapat dengan gampang mencari dan mengatur lagu nada deringnya.

Tak ketinggalan, XL menjamin keamanan terkait tarif, periode dan keuntungan berlangganan di awal, menerapkan kebijakan konfirmasi ganda untuk memastikan apakah pelanggan melanjutkan berlangganan atau tidak, serta menyajikan informasi berkala terkait cara penggunaan dan status layanan MoodMusic yang aktif.

Adapun jenis lagu yang didukung MoodMusic terdiri dari 11 jenis perasaan, yaitu Happy, Asik, Romantis, Semangat, Galau, Groovy, Bete, Hitz, Stress, Santai, dan Cool. Di setiap perasaan, tersedia ratusan pilihan lagu yang sesuai yang akan diperbarui setiap pekannya. 

Layanan yang terselenggara berkat kerja sama XL dengan Real Network Indonesia dan perusahaan label musik ini tersedia secara cuma-cuma untuk 30 hari pertama selama masa promo bagi pelanggan baru MoodMusic. Setelah masa promo berakhir, pelanggan dapat memilih tarif Rp 11.000 per 30 hari atau Rp 5.500 per 7 hari.

Semua pelanggan XL, baik prabayar maupun pascabayar, dapat menikmati layanan baru ini. Pun demikian dengan pelanggan AXIS. Pelanggan dapat mengakses *123*555# untuk mengatur lagu yang diinginkan sesuai dengan perasaannya.

(Why/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.