Sukses

'Akur', Samsung dan Apple Garap Layar iPhone 7

Divisi Samsung Display yang bertugas menggarap proyek ini disebut-sebut mulai bekerja pada akhir kuartal pertama tahun ini.

Liputan6.com, Cupertino - Apple dan Samsung memang sering dikabarkan tak akur. Dan sekarang, ada kabar baik yang menyebutkan bahwa kedua raksasa teknologi tersebut menjalin kerja sama baru-baru ini.

Ya, Samsung dikabarkan telah mendapat kontrak dari Apple untuk memproduksi layar Organic Light Emiting Diode (OLED) yang akan dipakai di perangkat iPhone berikutnya.

Seperti dilansir dari portal berita Korea ET News, Minggu (17/1/2015), nilai kontrak antara Samsung dan Apple bernilai US$ 7,47 miliar atau sekitar Rp 104,4 triliun. Biaya ini kelak akan digunakan untuk pembangunan pabrik dan peralatan produksi layar OLED.

Seperti diwartakan sebelumnya, Apple diketahui memang tengah berencana mengembangkan sebuah layar yang lebih canggih dan dapat mengganti layar Low Temperature Poly-Silicon (LTPS) yang saat ini masih digunakan di iPhone yang dipasarkan dengan menggunakan material flexible OLED.

Divisi Samsung Display yang bertugas menggarap proyek ini disebut-sebut mulai bekerja pada akhir kuartal pertama tahun ini, yakni pada Maret 2016.

Apple juga berencana untuk memesan komponen layar terbarunya ini sebanyak 30.000 hingga 45.000 unit per bulan. Bahkan, pada 2017 mendatang, Apple berniat untuk membangun satu fasilitas produksi yang bisa menciptakan sekitar 45.000 layar OLED.

Rencana Apple menyematkan layar OLED di seri iPhone terbarunya ini memang sudah terdengar sejak lama. Teknologi OLED diklaim bisa menghemat umur baterai karena lebih irit ketimbang LCD.

Namun, banyak yang menilai langkah Apple tersebut sudah terlambat. Pasalnya, sejumlah vendor smartphone berbasis Android sudah mengadopsi teknologi ini ke beberapa perangkatnya lebih dulu.

(Jek/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini