Sukses

Facebook Messenger Android Bakal Dirombak Lebih 'Segar'

Liputan6.com, California - Facebook dilaporkan tengah merombak aplikasi messenger-nya untuk perangkat Android. Namun, aplikasi pesan instan tersebut belum mengalami pembaruan hingga saat ini.

Hal itu disebabkan hal yang dirombak Facebook merupakan desain User Interface (UI). Saat ini, raksasa jejaring sosial tersebut masih menguji beberapa desain UI yang potensial.

Seperti dilansir Ubergizmo dari Android Police, Jumat (22/1/2016), sudah beredar seperti apa tampilan UI Facebook Messenger yang baru. Jika Anda lihat di bawah, bagian kiri merupakan UI Facebook Messenger yang lama, sementara bagian kanan adalah Facebook Messenger dengan UI versi baru. Tampilan UI Facebook yang baru pun dinilai begitu bersih dan lebih 'fresh'.

fb_messenger_android
Perbedaan yang paling mencolok adalah Facebook Messenger dengan UI baru telah menghilangkan bar warna biru di bagian bawah, dan bar hitam di bagian atas berubah warna menjadi abu-abu. Bar biru tersebut telah digantikan dengan tombol sirkular "+" yang begitu khas dengan ornamen UI Google seperti di Hangouts dan Inbox.

Selain itu, ikon-ikon kecil yang berada di bagian atas juga berubah warna dari abu-abu terang menjadi abu-abu solid. Font aplikasi pesan instan ini juga menjelma menjadi lebih halus dan 'empuk' ketika dibaca.

Facebook Messenger sendiri merupakan salah satu aplikasi pesan instan populer yang menggandeng ratusan juta pengguna. Terkini, layanan tersebut telah mampu menjaring 800 juta pengguna aktif.

Memang, sepanjang 2015 lalu Facebook berusaha untuk memoles aplikasi messenger-nya menjadi lebih baik dengan menambahkan beberapa fitur, seperti video calling, fitur mengkustomisasi percakapan dengan warna, serta menghadirkan fitur nicknames dan emoji.

Hadirnya fitur-fitur menarik tersebut tentunya diharapkan dapat menarik lebih banyak pengguna dan membuat penggunanya tidak berpaling ke aplikasi pesan instan lain, karena Facebook Messenger sendiri pun diklaim sebagai satu-satunya aplikasi pesan instan yang berbeda dari pesaingnya. 

(Jek/Cas)