Sukses

Aplikasi Android Lebih Banyak Diunduh Ketimbang iOS, Tapi...

Liputan6.com, Jakarta - Laporan terbaru dari sebuah perusahaan metrik, App Annie, menemukan hal menarik dari aktivitas toko aplikasi milik Android dan iOS. Dari laporan itu diketahui bahwa jumlah unduhan aplikasi di Google Play Store lebih banyak dibanding App Store milik Apple.

Mengutip informasi dari laman The Next Web, Kamis (21/1/2016), jumlah unduhan di Google Play Store menyentuh angka 200 juta. Sementara unduhan aplikasi di App Store hanya mencapai 100 juta di seluruh dunia selama 2015.

Sumbangan unduhan aplikasi terbesar Android berasal dari Brazil, India, Indonesia, Turki, dan Meksiko. Hasil ini jelas kian mengukuhkan posisi Android sebagai salah satu sistem operasi terpopuler, khususnya di negara-negara berkembang.

Hanya saja, capaian unduhan itu tidak dibarengi dengan besarnya pemasukan yang didapat dari aplikasi. Sepanjang 2015, pendapatan yang diperoleh Google nyatanya lebih kecil ketimbang pemasukan Apple lewat penjualan aplikasi.

App Annie menjelaskan bahwa pertumbuhan pendapatan terbesar untuk App Store berasal dari pengguna di Tiongkok, Amerika Serikat, dan Jepang.

Lebih lanjut juga dijelaskan bahwa sumbangan 3 negara tersebut mencapai 90 persen dari keseluruhan total pendapatan yakni sekitar US$ 100 juta sepanjang 2015.

Dalam laporan tersebut juga diketahui bahwa Google masih harus menguatkan posisinya di beberapa negara, seperti Inggris. 

Menurut data yang diperoleh, Inggris berhasil masuk jadi urutan keempat negara dengan unduhan dan pemasukan terbesar untuk Apple. Jumlah ini berbanding terbalik dengan kontribusi Inggris yang bahkan tidak masuk dalam 10 negara penyumbang pemasukan terbesar sistem operasi Android.

Dalam laporan tersebut juga diketahui bahwa ada pertumbuhan unduhan dari aplikasi untuk Apple Watch. Jumlah pertumbuhannya pun cukup signifikan, yakni dari 3 ribu unduhan di April menjadi 14 ribu di Desember 2015. Pemasukan dari layanan streaming musik pun meningkat sampai 2,2 kali lipat di 2015 ketimbang 2014.

(Dam/Isk)