Sukses

Kominfo: Kalau Mau Masuk Indonesia, eBay Harus Jadi Badan Usaha

Bila resmi masuk Indonesia, eBay diminta pemerintah untuk menjadi badan usaha

Liputan6.com, Jakarta - Berdiri pertama kali di Amerika Serikat, 21 tahun lalu, perusahaan situs raksasa jual beli asal Amerika Serikat, eBay, kemungkinan besar siap ekspansi pasar Indonesia.

Seperti yang tim Tekno Liputan6.com beritakan sebelumnya, eBay telah membuka kesempatan bagi pribadi yang memenuhi kriteria. Nantinya, pelamar pekerjaan yang terpilih akan ditempatkan di Jakarta.

"Jika eBay ingin berinvestasi di Indonesia atau bertindak sebagai mitra, kita tentu saja akan mendukung mereka. Toh, dengan mereka datang ke Indonesia, itu merupakan wujud sebuah investasi," ucap Bambang Heru Tjahjono, Dirjen Aplikasi dan Informatika Kemkominfo yang tim Tekno Liputan.com temui di Universitas Bina Nusantara, Jakarta, Sabtu (23/1/2016).

Bilamana eBay benar masuk ke pasar Indonesia, pemerintah mewajibkan eBay untuk mendaftarkan diri secara resmi ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dan juga harus membuka kantor di Tanah Air dalam bentuk perseroan terbatas (PT).

"Kalau ingin masuk Indonesia, eBay harus menjadi badan usaha atau PT. Dengan begitu, eBay dapat berkontribusi dalam perekonomian Indonesia," tambah Bambang.  

Jika ke depannya eBay terdaftar dalam bentuk PT, raksasa e-Commerce ini akan mengikuti jejak perusahaan teknologi asal Amerika Serikat lainnya, yaitu Google yang sudah terlebih dahulu membuka kantor di Indonesia.

(Yus/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.